home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Miris, Jembatan Rancangan BJ Habibie Ini Rusak Karena Sering Dipakai Berfoto

Jumat, 03 Juni 2016 11:40 by Dits | 2214 hits
Miris, Jembatan Rancangan BJ Habibie Ini Rusak Karena Sering Dipakai Berfoto
image source: commons.wik

DREAMERS.ID - Jembatan I Barelang atau Fisabilillah kota Batam yang diresmikan pada pertengahan 1990 silam ini mengalami kerusakan. Jembatan yang dirancang oleh mantan Presiden BJ Habibie ini diketahui mengalami putus kabel karena ulah pengunjung.

"Iya, info yang benar pada satu cable stay bridge yang di dalamnya terdapat 90 cable strand di mana setiap strand di dalamnya terdapat delapan wire. Ada dua wire yang putus," kata Direktur Promosi dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Purnomo Andiantono di Batam.

Menurut Purnomo, Kerusakan-kerusakan pada kabel yang terkelupas dan terbakar karena banyak masyarakat yang berhenti di atas jembatan dan karena ulah para warga yang tidak bertanggung jawab.

"Hal-hal itu bisa menyebabkan korosi sehingga bisa jadi kekuatan kabel berkurang. Ditambah lagi banyak kendaraan berhenti di atas jembatan sehingga bebannya meningkat," ujarnya.

Dia pun mengimbau pengunjung agar sadar dan tidak merusak karet pada kabel-kabel Jembatan Barelang agar kerusakan tidak semakin parah. Akibat insiden tersebut, pemerintah setempat mengimbau warga untuk lebih memanfaatkan Pantai Dendang Melayu (PDM) sebagai lokasi foto dalam wisata Jembatan Barelang, setelah kabel penyangga jembatan putus.

"Agar masyarakat lebih memanfaatkan Pantai Dendang Melayu sebagai lokasi berfoto dan berwisata, untuk mengurangi beban jembatan, supaya jembatan tidak rusak," ujarnya.

Sementara itu, jembatan Barelang yang membentang 642 meter ini merupakan jembatan gantung dengan menggunakan kabel dilengkapi dua tiang setinggi 118 meter, dan bentang utamanya adalah 350 meter.

Jembatan yang dirancang menyerupai jembatan di San Frasisco ini merupakan aset daerah harus dijaga karena menjadi salah satu bagian dalam logo Pemkot Batam, menjadi ikon kota, dan destinasi pariwisata favorit pelancong dalam dan luar negeri.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)