SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Miris, Jembatan Rancangan BJ Habibie Ini Rusak Karena Sering Dipakai Berfoto

Jumat, 03 Juni 2016 11:40 by Dits | 2025 hits
Miris, Jembatan Rancangan BJ Habibie Ini Rusak Karena Sering Dipakai Berfoto
image source: commons.wik

DREAMERS.ID - Jembatan I Barelang atau Fisabilillah kota Batam yang diresmikan pada pertengahan 1990 silam ini mengalami kerusakan. Jembatan yang dirancang oleh mantan Presiden BJ Habibie ini diketahui mengalami putus kabel karena ulah pengunjung.

"Iya, info yang benar pada satu cable stay bridge yang di dalamnya terdapat 90 cable strand di mana setiap strand di dalamnya terdapat delapan wire. Ada dua wire yang putus," kata Direktur Promosi dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Purnomo Andiantono di Batam.

Menurut Purnomo, Kerusakan-kerusakan pada kabel yang terkelupas dan terbakar karena banyak masyarakat yang berhenti di atas jembatan dan karena ulah para warga yang tidak bertanggung jawab.

"Hal-hal itu bisa menyebabkan korosi sehingga bisa jadi kekuatan kabel berkurang. Ditambah lagi banyak kendaraan berhenti di atas jembatan sehingga bebannya meningkat," ujarnya.

Dia pun mengimbau pengunjung agar sadar dan tidak merusak karet pada kabel-kabel Jembatan Barelang agar kerusakan tidak semakin parah. Akibat insiden tersebut, pemerintah setempat mengimbau warga untuk lebih memanfaatkan Pantai Dendang Melayu (PDM) sebagai lokasi foto dalam wisata Jembatan Barelang, setelah kabel penyangga jembatan putus.

"Agar masyarakat lebih memanfaatkan Pantai Dendang Melayu sebagai lokasi berfoto dan berwisata, untuk mengurangi beban jembatan, supaya jembatan tidak rusak," ujarnya.

Sementara itu, jembatan Barelang yang membentang 642 meter ini merupakan jembatan gantung dengan menggunakan kabel dilengkapi dua tiang setinggi 118 meter, dan bentang utamanya adalah 350 meter.

Jembatan yang dirancang menyerupai jembatan di San Frasisco ini merupakan aset daerah harus dijaga karena menjadi salah satu bagian dalam logo Pemkot Batam, menjadi ikon kota, dan destinasi pariwisata favorit pelancong dalam dan luar negeri.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Seorang seleb media sosial semacam Instagram, Yong Ning terpaksa harus mengakhiri aksi aksi berbahayanya. Pria asal China tersebut diketahui tewas mengenaskan setelah melakukan aksi maut saat hendak mengambil gambar dari gedung tinggi....
  • HOT !
    Ritual yang dilakukan kepala negara sebelum mengambil keputusan penting biasanya berupa rapat darurat, konsultasi atau hal lainnya sehubungan konsep strategis yang akan diambil. Namun berbeda dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un yang dikabarkan justru selalu mendaki gunung....
  • HOT !
    Telah terjadi kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan roda empat di Tol Cawang KM 00, Jakarta Timur sekitar pukul 04.20.  Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagara menyampaikan ada 13 korban karena kecelakaan maut tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)