SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Saling Lempar Tanggung Jawab, Pengungsi Suriah Telah Berbulan-Bulan Terlantar di Bandara Incheon

Jumat, 03 Juni 2016 11:00 by reinasoebisono | 2143 hits
Saling Lempar Tanggung Jawab, Pengungsi Suriah Telah Berbulan-Bulan Terlantar di Bandara Incheon
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Perang berkepanjangan di negara-negara Timur Tengah sedang menjadi sorotan dunia karena ratusan ribu orang melarikan diri dari negaranya untuk mencari perlindungan, tidak terkecuali ke Korea Selatan. Namun jalan para pengungsi tidak selalu mulus dan diterima begitu saja.

Korea Selatan adalah salah satu negara yang menjadi tempat mencari perlindungan pengungsi Suriah, namun memiliki peraturan ketat untuk para pencari suaka. Bahkan, para pengungsi Suriah tersebut diketahui telah berbulan-bulan menempati area Bandara Incheon karena masih tidak jelas nasibnya.

Menurut pengacara para pengungsi di Korea Selatan, para pengungsi tersebut telah 6 bulan berada di Bandara Incheon. Sebanyak 116 orang menempati ruang tunggu Bandara Incheon yang sebenarnya hanya bisa menampung 50 orang.


Kondisi pengungsi Suriah di ruang tunggu Bandara Incheon (CNN)

Melalui video yang diunggah CNN, kondisi mereka cukup menyedihkan, dengan tas dan kantong plastik yang memuat barang sisa yang bisa mereka selamatkan berantakan di lantai. Belum lagi kondisi tempat yang tidak muat ditinggali hingga harus berhimpitan.

Baca juga: Kerennya Masjid dari Stik Es Krim Karya Pengungsi Suriah Ini!

Tentang hal ini, pemerintah Korsel mengatakan tanggung jawab ada di pihak operasional bandara. Namun otoritas bandara telah meminta pemerintah untuk ikut tanggung jawab, hingga kedua pihak saling lempar tanggung jawab.



Kondisi barang dan pengungsi Suriah yang telah berada di Incheon sejak November 2015 (CNN, Korea Times)

Para pengungsi hanya bisa pasrah menunggu nasib mereka, apakah boleh masuk Korsel atau harus dideportasi pulang ke negara mereka yang masih dilanda perang. Salah satu pengungsi bernama Muhammed mengatakan jika mereka melarikan diri saat harus angkat senjata oleh Presiden Bashar Al-Assad untuk melawan ISIS.

Sekedar gambaran perkiraan nasib para pengungsi, sejak 1994 hingga kini, hanya 3 warga Suriah yang dikabulkan permohonan suakanya oleh Korsel. Sedangkan 668 orang lainnya diperbolehkan berada di negeri gingseng itu dengan status kemanusiaan. Mereka bisa hidup aman namun tidak layak mendapat tunjangan dan diharapkan pulang jika kondisi negaranya telah membaik.

(rei)

Komentar
  • HOT !
     Kakbah adalah sebuah bangunan suci berbentuk kubus yang terletak di Mekah, Masjidil Haram. Bangunan itu dijadikan arah kiblat saat melaksanakan ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia. Hingga sekarang ini, bangunan Kakbah selalu ditutup oleh sebuah kain hitam atau yang disebut kiswah....
  • HOT !
    Di masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, setiap rapat yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta selalu diunggah ke channel Youtube, dengan alasan transparansi kepada masyarakat....
  • HOT !
    Sosok seorang pangeran dari Arab Saudi jadi pembicaraan viral lantaran terungkap menjadi pembeli lukisan Yesus Kristus yang diklaim sebagai yang termahal di dunia. Kegiatannya ini disebut berpotensi memicu kontroversi karena perilakunya dianggap tak Islami....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)