SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bertepatan Dengan Hari Spesial, Ratu Elizabeth Dapat Batik Istimewa dari Indonesia

Kamis, 02 Juni 2016 10:30 by reinasoebisono | 2577 hits
Bertepatan Dengan Hari Spesial, Ratu Elizabeth Dapat Batik Istimewa dari Indonesia
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Ratu Elizabeth II yang baru saja merayakan ulang tahun ke-90 ini mendapat hadiah istimewa dari Indonesia. Penyerahan hadiah ini dilakukan bertepatan dengan acara Indonesia Weekend di Potters Field Park, London.

Hadiah tersebut adalah beberapa batik Indonesia yang didesain khusus Kerajaan Inggris yang dibuat secara handmade alias batik tulis berwarna biru. Sebelumnya, Pendiri Yayasan Batik Indonesia Dipo Alam sempat memperlihatkan batik-batik tersebut kepada Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik.



Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik (kiri) bersama Pendiri Yayasan Batik Indonesia Dipo Alam (Antara)

Batik ini dinilai spesial karena dibuat khusus dari kombinasi motif ‘sawunggalih’ yang merupakan simbol kemuliaan dan kejayaan dipadu dengan ornamen khas kerajaan Britania Raya.

Tidak hanya batik istimewa, namun sebuah lukisan bergambar Ratu Elizabeth sedang mengenakan batik khas Indonesia juga diberikan. Hadiah-hadiah kenegaraan ini diberikan dalam rangka ulang tahun sang ratu yang juga bertepatan dengan Hari Kartini, 21 April lalu.


Batik dan gambar lukisan Ratu Elizabeth (Tempo)

Baca juga: Duh, Ratu Elizabeth Dilaporkan ke Polisi Gara-gara Sabuk Pengaman!

"Lukisan ini menggambarkan Ratu Elizabeth II mengenakan pakaian batik Indonesia yang memiliki kombinasi dari simbol sawunggalih, sebuah lencana kerajaan yang mewakili kemuliaan, dengan hamparan sawah sebagai latar belakang," kata Pendiri Yayasan Batik Indonesia Dipo Alam.

Pemberian hadiah ini juga dimaksudkan untuk mempromosikan budaya Indonesia juga kepada masyarakat Inggris agar lebih mengenal batik. Acara Indonesia Weekend pun dianggap sebagai ajang promosi terbaik karena terdapat aspek Indonesia mulai dari tata boga, musik, budaya hingga pameran wisata Indonesia.

(rei/CNN/Antara)

Komentar
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....
  • HOT !
    Secara mengejutkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan memberi pernyataan jika keputusan Amerika menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah melalui konsultasi dengan Indonesia. Tak butuh waktu lama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung bereaksi, begitu juga dengan Presiden Jokowi. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)