home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Miris, Ini Yang Buat Korban Pelecehan Seksual Enggan Laporkan Kasusnya

Sabtu, 28 Mei 2016 11:12 by reinasoebisono | 2533 hits
Miris, Ini Yang Buat Korban Pelecehan Seksual Enggan Laporkan Kasusnya
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Indonesia yang dianggap sedang darurat kekerasan seksual terutama pada anak-anak sedang gencar menuntaskan masalah hukuman. Setelah ketetapan hukuman kebiri oleh Presiden beberapa waktu lalu, kini fakta lain yang terbuka soal banyaknya kasus pelecehan seksual.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia menyebutkan jika banyak korban kasus pelecehan seksual yang enggan melapor karena keterbatasan dana. Terutama karena adanya kewajiban untuk visum dan visum dikenal dengan biayanya yang tinggi.

"Pasti polisi minta visum. Nah, visum ini harus dibayarkan di rumah sakit. Pada tahapan ini saja, penderita banyak mengurungkan niatnya untuk melaporkan," kata Ketua Divisi Sosialisasi Erlinda melansir CNN.

Karena itu, Erlinda mengusulkan adanya aturan biaya visum khusus bagi korban dari kalangan kelas menengah dan ke bawah. Ironis melihat masyarakat justru dipersulit oleh biaya untuk melapor kepada polisi dan mendapat keadilan atas tindakannya.

Baca juga: Nick Carter Bantah Lakukan Pelecehan Seksual pada Fans Disabilitas

Masalah lain yang membuat masyarakat enggan melapor adalah karena pandangan aib yang akan terjadi pada sang korban. Lebih dari 50% kekerasan terhadap anak adalah kekerasan seksual namun banyak yang tak terdeteksi karena korban hanya melapor hingga ke tingkat RT/RW karena malu mengemban aib.

Namun menanggapi masalah ini, Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak dari Polri, AKBP Iriani mengatakan jika korban kekerasan seksual pasti dirujuk ke rumah sakit milik Polri di tiap kota/kabupaten yaitu RS Bhayangkara karena gratis.

Namun jumlah RS Bhayangkara di Indonesia masih sangat sedikit dibanding dengan jumlah kota/kabupaten yang ada. Hingga kini, hanya ada 41 rumah sakit atau klinik Bhayangkara, sementara jumlah kota ada 98 dan kabupaten sebanyak 416.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)