SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

‘Kebablasan’, Ini Data Metode Penyiksaan CIA Yang Tidak Sengaja ‘Dihancurkan'

Rabu, 18 Mei 2016 23:00 by reinasoebisono | 2328 hits
‘Kebablasan’, Ini Data Metode Penyiksaan CIA Yang Tidak Sengaja ‘Dihancurkan'
Image source: darkgovernm

DREAMERS.ID - Badan Intelijen Negara Amerika Serikat mengaku secara tak sengaja menghancurkan satu-satunya salinan data laporan penyiksaan dari Senat. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Kantor Inspektorat Jenderal Badan Pusat Intelijen Amerika Serikat atau CIA.

Awalnya, kantor inspektorat memang ingin menghapus data komputer yang berisi laporan tersebut, namun akhirnya secara tak sengaja menghancurkan satu disk yang menyimpan data metode interogasi CIA yang dikenal sadis dan tidak masuk akal.

Tidak tanggung-tanggung, laporan sebanyak 6.700 halaman yang berisi ribuan data rahasia itu lenyap seketika. Ada dua metode interogasi CIA yang dikenal ‘berlebihan’ dan tidak manusiawi agar tertuduh mengakui perbuatannya.

Metode pertama adalah waterboarding, merupakan cara interogasi dengan mengikat tangan dan menutup wajah dengan kain kemudian menyiramnya dengan air untuk memberikan efek tenggelam. Metode ini sering digambarkan dalam film-film Hollywood.

Baca juga: Rentetan Ratusan Dokumen Terbaru Osama bin Laden yang Dirilis CIA

Metode kedua adalah sleep deprivation. Yaitu metode interogasi yang membuat seseorang terjaga hingga berhari-hari, tentu tubuh seseorang menurun dan merasakan kantuk yang sangat berat. Saat diizinkan tidur, pelaku tiba-tiba dihujani pertanyaan.

Dengan metode sadis ini, tidak jarang banyak orang yang akhirnya pasrah dan mengakui sesuatu yang bahkan tidak ia lakukan untuk mengakhiri penderitaannya di ruang interogasi. Hilangnya dokumen ini justru menimbulkan kecurigaan tentang profesionalitas badan sekelas CIA. Beberapa pihak pun meyakini sebenarnya laporan itu masih ada di suatu tempat.

"Sangat mengejutkan melihat ini dapat terjadi, terutama di kantor inspektorat jenderal. Merekalah yang seharusnya memberikan akuntabilitas di dalam badannya sendiri. Ini membuat Anda berpikir apa yang sebenarnya terjadi di sana," ucap profesor spesialis penyimpanan data federal dari City University of New York School of Law, Douglas Cox.

(rei/CNN)

  • HOT !
    Setelah pembatalan sepihak dari Amerika Serikat soal pertemuan Presiden Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi, Kim Jong Un dari Korea Utara kembali bertemu dengna Presiden Korea Selatan, Moon Jae In....
  • HOT !
    Remaja pelaku video yang mengancam akan menembak Presiden Jokowi yang berinisial RJT alias S (16) bersama ayahnya telah membuat video permintaan maaf. Namun kabar terakhir mengatakan ia tetap diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku....
  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)