SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah DKI Jakarta Luncurkan Perpustakaan Digital Tepat di Hari Buku Nasional

Rabu, 18 Mei 2016 11:00 by Dits | 1054 hits
Pemerintah DKI Jakarta Luncurkan Perpustakaan Digital Tepat di Hari Buku Nasional
Image source: merdeka.com

DREAMERS.ID - Pemerintah DKI Jakarta meluncurkan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang pertama di Indonesia. Aplikasi yang diberi nama iJakarta ini diluncurkan bersamaan dengan Hari Buku Nasional pada Selasa (17/5) kemarin.

Aplikasi ini merupakan fasilitas yang bertujuan mewujudkan gerakan publik 'Baca Buku Bareng' yang didukung oleh beberapa lembaga. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan kalau gerakan ini telah didukung Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI, Dinas Pendidikan DKI, Perpusnas dan Yayasan Nusa Membaca.

Baca juga: Sudah Hampir 'Setengah Jalan' di Penjara, Mengapa Ahok Baru Ajukan Peninjauan Kembali?

Gerakan ini sendiri adalah kegiatan publik untuk membaca, mendiskusikan dan berbagi buku digital dari warga dan untuk warga melalui aplikasi. Ahok pun sangat senang dengan inovasi ini dan berharap aplikasi ini bisa berguna dan mencerdaskan warga DKI dari berbagai kalangan dan usia, serta mampu membangun dialog atau mempublikasikan karya tulis.

"Harapkan selain baca, dia berani nulis. Ini keuntungan iJakarta. Minimal dia komentar, ditanya temannya, bisa diskusi isi buku. Orang cerdas bukan buat diri sendiri," katanya di Balai kota, Jakarta, Selasa (17/5).

Dalam peluncurannya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng Najwa Sihab yang didaulat sebagai duta baca. Najwa pun mengakui kalau iJakarta sangat cocok bagi mereka yang menyukai sosial media. Sebab, format iJakarta seperti sosial media, warga DKI diwajibkan membuat akun dan mendaftar. Tak hanya itu saja, pengguna juga bisa mengikuti teman mereka layaknya sosial media lainnya seperti Twitter atau Instagram.

"Ini solusi untuk anak yang suka sosmed. Aplikasi bisa tulis komen, update status. Harus ada banyak cara untuk membuat orang mau membaca," ungkap Najwa.

Source:
  • HOT !
    Setelah pembatalan sepihak dari Amerika Serikat soal pertemuan Presiden Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi, Kim Jong Un dari Korea Utara kembali bertemu dengna Presiden Korea Selatan, Moon Jae In....
  • HOT !
    Remaja pelaku video yang mengancam akan menembak Presiden Jokowi yang berinisial RJT alias S (16) bersama ayahnya telah membuat video permintaan maaf. Namun kabar terakhir mengatakan ia tetap diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku....
  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)