SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemerintah DKI Jakarta Luncurkan Perpustakaan Digital Tepat di Hari Buku Nasional

Rabu, 18 Mei 2016 11:00 by Dits | 1033 hits
Pemerintah DKI Jakarta Luncurkan Perpustakaan Digital Tepat di Hari Buku Nasional
Image source: merdeka.com

DREAMERS.ID - Pemerintah DKI Jakarta meluncurkan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang pertama di Indonesia. Aplikasi yang diberi nama iJakarta ini diluncurkan bersamaan dengan Hari Buku Nasional pada Selasa (17/5) kemarin.

Aplikasi ini merupakan fasilitas yang bertujuan mewujudkan gerakan publik 'Baca Buku Bareng' yang didukung oleh beberapa lembaga. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan kalau gerakan ini telah didukung Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI, Dinas Pendidikan DKI, Perpusnas dan Yayasan Nusa Membaca.

Baca juga: Ahok Jadi Satu-Satunya Tokoh Indonesia yang Masuk Daftar 'Para Pemikir Dunia 2017'

Gerakan ini sendiri adalah kegiatan publik untuk membaca, mendiskusikan dan berbagi buku digital dari warga dan untuk warga melalui aplikasi. Ahok pun sangat senang dengan inovasi ini dan berharap aplikasi ini bisa berguna dan mencerdaskan warga DKI dari berbagai kalangan dan usia, serta mampu membangun dialog atau mempublikasikan karya tulis.

"Harapkan selain baca, dia berani nulis. Ini keuntungan iJakarta. Minimal dia komentar, ditanya temannya, bisa diskusi isi buku. Orang cerdas bukan buat diri sendiri," katanya di Balai kota, Jakarta, Selasa (17/5).

Dalam peluncurannya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng Najwa Sihab yang didaulat sebagai duta baca. Najwa pun mengakui kalau iJakarta sangat cocok bagi mereka yang menyukai sosial media. Sebab, format iJakarta seperti sosial media, warga DKI diwajibkan membuat akun dan mendaftar. Tak hanya itu saja, pengguna juga bisa mengikuti teman mereka layaknya sosial media lainnya seperti Twitter atau Instagram.

"Ini solusi untuk anak yang suka sosmed. Aplikasi bisa tulis komen, update status. Harus ada banyak cara untuk membuat orang mau membaca," ungkap Najwa.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....
  • HOT !
    Secara mengejutkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan memberi pernyataan jika keputusan Amerika menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah melalui konsultasi dengan Indonesia. Tak butuh waktu lama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung bereaksi, begitu juga dengan Presiden Jokowi. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)