SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Mahasiswa Akan Diwajibkan Tanam 5 Pohon Sebagai Syarat Kelulusan

Minggu, 15 Mei 2016 11:13 by Dits | 1780 hits
Wah, Mahasiswa Akan Diwajibkan Tanam 5 Pohon Sebagai Syarat Kelulusan
image source: merdeka.com

DREAMERS.ID - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) belakangan ini ingin menerapkan sebuah program inspiratif bertajuk ‘one student five tree’. Program tersebut mewajibkan seorang mahasiswa menanam lima pohon sebelum lulus di perguruan tinggi.

Program ‘one student five tree’ diadopsi dari program yang sebelumnya telah diterapkan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar menilai kalau program tersebut sebuah langkah bagus yang bersinergi dengan Kementerian LHK. Yakni melakukan upaya memulihkan 24 juta hektare lahan yang terdegrasi.

Baca juga: Wah, Nantinya Mahasiswa Indonesia Boleh Bayar Kuliah Setelah Diterima Kerja?

"Saat ini 24 juta hektare lahan terdegrasi, artinya kosong dan tinggal alang-alang. Lahan itu harus disehatkan kembali, termasuk lahan bekas tambang yang dibuka rakyat kecil tanpa izin, yang biasanya setelah selesai, ditinggal begitu saja," ujar Siti Nurbaya.

Usaha untuk memperbaiki lahan yang rusak tentunya perlu dukungan inovasi dari pemerintah daerah dan masyarakat. Siti menargetkan kalau bisa tiap warga Indonesia akan menanam 25 pohon.

Sementara itu, program ‘one student five tree ‘ ini bagi Rektor UNS Solo Ravik Karsidi merupakan gerakan nasional yang telah disepakati oleh kampus dan Kementerian LHK.

"Program ini berlaku untuk seluruh mahasiswa sebelum lulus. Mahasiswa yang sudah lulus tidak boleh mengambil ijazah atau wisuda sebelum menanam lima pohon," ujar Ravik Karsidi.

Source:
  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
  • HOT !
    Penyebaran konten digital kini harus lebih diperhatikan, karena jika terlalu sensitif bisa berakibat protes keras dari publik. Seperti yang dialami oleh seorang anggota DPRD Karawang bernama Hitler Nababan pada Selasa (22/5) ini....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)