SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Mahasiswa Akan Diwajibkan Tanam 5 Pohon Sebagai Syarat Kelulusan

Minggu, 15 Mei 2016 11:13 by Dits | 1744 hits
Wah, Mahasiswa Akan Diwajibkan Tanam 5 Pohon Sebagai Syarat Kelulusan
image source: merdeka.com

DREAMERS.ID - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) belakangan ini ingin menerapkan sebuah program inspiratif bertajuk ‘one student five tree’. Program tersebut mewajibkan seorang mahasiswa menanam lima pohon sebelum lulus di perguruan tinggi.

Program ‘one student five tree’ diadopsi dari program yang sebelumnya telah diterapkan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar menilai kalau program tersebut sebuah langkah bagus yang bersinergi dengan Kementerian LHK. Yakni melakukan upaya memulihkan 24 juta hektare lahan yang terdegrasi.

Baca juga: Mahasiswi UI yang Hilang Misterius Tinggalkan Surat Curahan Hati Terakhir

"Saat ini 24 juta hektare lahan terdegrasi, artinya kosong dan tinggal alang-alang. Lahan itu harus disehatkan kembali, termasuk lahan bekas tambang yang dibuka rakyat kecil tanpa izin, yang biasanya setelah selesai, ditinggal begitu saja," ujar Siti Nurbaya.

Usaha untuk memperbaiki lahan yang rusak tentunya perlu dukungan inovasi dari pemerintah daerah dan masyarakat. Siti menargetkan kalau bisa tiap warga Indonesia akan menanam 25 pohon.

Sementara itu, program ‘one student five tree ‘ ini bagi Rektor UNS Solo Ravik Karsidi merupakan gerakan nasional yang telah disepakati oleh kampus dan Kementerian LHK.

"Program ini berlaku untuk seluruh mahasiswa sebelum lulus. Mahasiswa yang sudah lulus tidak boleh mengambil ijazah atau wisuda sebelum menanam lima pohon," ujar Ravik Karsidi.

Source:
Komentar
  • HOT !
     Kakbah adalah sebuah bangunan suci berbentuk kubus yang terletak di Mekah, Masjidil Haram. Bangunan itu dijadikan arah kiblat saat melaksanakan ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia. Hingga sekarang ini, bangunan Kakbah selalu ditutup oleh sebuah kain hitam atau yang disebut kiswah....
  • HOT !
    Di masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, setiap rapat yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta selalu diunggah ke channel Youtube, dengan alasan transparansi kepada masyarakat....
  • HOT !
    Sosok seorang pangeran dari Arab Saudi jadi pembicaraan viral lantaran terungkap menjadi pembeli lukisan Yesus Kristus yang diklaim sebagai yang termahal di dunia. Kegiatannya ini disebut berpotensi memicu kontroversi karena perilakunya dianggap tak Islami....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)