SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Nilai Rata-rata UN SMA 2016 Turun, Tingkat Kejujuran Meningkat

Rabu, 11 Mei 2016 11:00 by zia92 | 1553 hits
Nilai Rata-rata UN SMA 2016 Turun, Tingkat Kejujuran Meningkat
Image source: Antara

DREAMERS.ID - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan nilai rata-rata ujian nasional (UN) tingkat SMA pada 2016 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

"Secara keseluruhan nilai rerata UN tingkat SMA/MA negeri dan swasta mengalami penurunan. Pada tahun sebelumnya, nilai rerata sebanyak 61,29 sementara pada 2016 nilai rerata hanya 54,78," ujar Mendikbud dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (9/5).

Dengan demikian, terjadi penurunan sebanyak 6,51 poin jika dibandingkan nilai rerata UN tahun sebelumnya. Sementara, untuk hasil UN SMK mengalami penurunan sebanyak 4,45 poin atau dari 62,11 menjadi 57,66 pada 2016.

Baca juga: Bersiap, Kemdikbud Sebut UN Tahun Depan Berbentuk Esai

Anies mengungkapkan bahwa penurunan tersebut disebabkan tingkat kejujuran yang meningkat, semakin banyak sekolah yang menggunakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), kisi-kisi UN yang tidak lagi rinci sehingga siswa harus menguasai kompetensi, serta kemungkinan tingkat keseriusan yang menurunan.

Menurut Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud, Nizam, secara garis beras nilai UN mengalami penurunan tapi Indeks Integritas UN meningkat. "Selain itu, semakin banyak sekolah yang melaksanakan UNBK maka kecurangan semakin bisa dikurangi," tegas Nizam.

(fzh/Antara)

Komentar
  • HOT !
    Masyarakat menyoroti keputusan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk tidak lagi membuka akses warga melihat proses rapat Pemprov DKI. Karena Anies Sandi tidak mengunggah video semacam itu di channel Youtube lagi....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....
  • HOT !
    Kabar mengejutkan datang dari Fredrich Yunadi yang tak lain adalah pengacara tersangka kasus megakorupsi pengadaan e KTP, Setya Novanto. Fredrich yang dari awal setia mendampingi Novanto dalam proses penyidikan KPK tiba tiba saja memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pengacara Ketua DPR tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)