SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gubernur Ahok Siapkan Tanggul Besar, Jakarta Akan Tenggelam Tahun 2030?

Jumat, 29 April 2016 17:14 by reinasoebisono | 2010 hits
Gubernur Ahok Siapkan Tanggul Besar, Jakarta Akan Tenggelam Tahun 2030?
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Presiden Jokowi belum lama ini mengungkapkan sebuah teori jika Jakarta akan tenggelam pada tahun 2030. Hal ini terjadi karena adanya penurunan tanah Jakarta beberapa sentimeter setiap tahunnya. Masih lama memang, tapi usaha antisipasi harus dipikirkan dari sekarang.

Mengenai hal itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan mengambil beberapa langkah dan uji coba. Selain usaha penahanan tanah turun, Gubernur dengan sapaan Ahok itu juga mempersiapkan proyek antisipasi.

Salah satunya adalah mengeluarkan larangan pengambilan air tanah yang membuat tanah Jakarta tidak padat dan bisa amblas. Kekhawatiran Presiden Jokowi beralasan, karena penurunan muka tanah di DKI sangat mengkhawatirkan, yaitu 7.5-12 Cm per tahunnya. Namun Ahok mengatakan itu baru sebatas teori.

“Itu hitung-hitungan teori. Kalau Jakarta terus turun setiap tahun puluhan senti,” kata Ahok melansir Tempo. “Ada teori yang mengatakan mungkin dia (tanah turun) sampai 1 meter, kemudian dia akan berhenti,”

Baca juga: Pantau Hingga Dini Hari, Gubernur Anies Sebut Puncak Banjir Kiriman Sudah Lewat

Walau baru sebatas teori, Pemprov DKI Jakarta akan mengkaji beberapa alternatif, salah satunya adalah menguji proyek pembangunan pesisir Ibu Kota atau yang lebih dikenal National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) untuk mencegah Jakarta tenggelam pada 2030.

Proyek berbentuk tanggul tersebut adalah hibah dari Belanda dan Korea Selatan dan terdiri dari 3 tanggu yang lebih besar dari tanggul sebelumnya. 

(rei)

  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)