SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gubernur Ahok Siapkan Tanggul Besar, Jakarta Akan Tenggelam Tahun 2030?

Jumat, 29 April 2016 17:14 by reinasoebisono | 1958 hits
Gubernur Ahok Siapkan Tanggul Besar, Jakarta Akan Tenggelam Tahun 2030?
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Presiden Jokowi belum lama ini mengungkapkan sebuah teori jika Jakarta akan tenggelam pada tahun 2030. Hal ini terjadi karena adanya penurunan tanah Jakarta beberapa sentimeter setiap tahunnya. Masih lama memang, tapi usaha antisipasi harus dipikirkan dari sekarang.

Mengenai hal itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan mengambil beberapa langkah dan uji coba. Selain usaha penahanan tanah turun, Gubernur dengan sapaan Ahok itu juga mempersiapkan proyek antisipasi.

Salah satunya adalah mengeluarkan larangan pengambilan air tanah yang membuat tanah Jakarta tidak padat dan bisa amblas. Kekhawatiran Presiden Jokowi beralasan, karena penurunan muka tanah di DKI sangat mengkhawatirkan, yaitu 7.5-12 Cm per tahunnya. Namun Ahok mengatakan itu baru sebatas teori.

“Itu hitung-hitungan teori. Kalau Jakarta terus turun setiap tahun puluhan senti,” kata Ahok melansir Tempo. “Ada teori yang mengatakan mungkin dia (tanah turun) sampai 1 meter, kemudian dia akan berhenti,”

Baca juga: Ormas Luapkan Emosi Saat Anies Baswedan Tunda Agenda Pertemuan

Walau baru sebatas teori, Pemprov DKI Jakarta akan mengkaji beberapa alternatif, salah satunya adalah menguji proyek pembangunan pesisir Ibu Kota atau yang lebih dikenal National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) untuk mencegah Jakarta tenggelam pada 2030.

Proyek berbentuk tanggul tersebut adalah hibah dari Belanda dan Korea Selatan dan terdiri dari 3 tanggu yang lebih besar dari tanggul sebelumnya. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)