home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gubernur Ahok Siapkan Tanggul Besar, Jakarta Akan Tenggelam Tahun 2030?

Jumat, 29 April 2016 17:14 by reinasoebisono | 2174 hits
Gubernur Ahok Siapkan Tanggul Besar, Jakarta Akan Tenggelam Tahun 2030?
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Presiden Jokowi belum lama ini mengungkapkan sebuah teori jika Jakarta akan tenggelam pada tahun 2030. Hal ini terjadi karena adanya penurunan tanah Jakarta beberapa sentimeter setiap tahunnya. Masih lama memang, tapi usaha antisipasi harus dipikirkan dari sekarang.

Mengenai hal itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan mengambil beberapa langkah dan uji coba. Selain usaha penahanan tanah turun, Gubernur dengan sapaan Ahok itu juga mempersiapkan proyek antisipasi.

Salah satunya adalah mengeluarkan larangan pengambilan air tanah yang membuat tanah Jakarta tidak padat dan bisa amblas. Kekhawatiran Presiden Jokowi beralasan, karena penurunan muka tanah di DKI sangat mengkhawatirkan, yaitu 7.5-12 Cm per tahunnya. Namun Ahok mengatakan itu baru sebatas teori.

“Itu hitung-hitungan teori. Kalau Jakarta terus turun setiap tahun puluhan senti,” kata Ahok melansir Tempo. “Ada teori yang mengatakan mungkin dia (tanah turun) sampai 1 meter, kemudian dia akan berhenti,”

Baca juga: Usulan Viral Sepeda Balap Boleh Masuk Tol Minggu Pagi

Walau baru sebatas teori, Pemprov DKI Jakarta akan mengkaji beberapa alternatif, salah satunya adalah menguji proyek pembangunan pesisir Ibu Kota atau yang lebih dikenal National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) untuk mencegah Jakarta tenggelam pada 2030.

Proyek berbentuk tanggul tersebut adalah hibah dari Belanda dan Korea Selatan dan terdiri dari 3 tanggu yang lebih besar dari tanggul sebelumnya. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)