SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jakarta Perlu 100 Tahun Lebih untuk Miliki Ruang Terbuka Hijau Sesuai Target

Rabu, 27 April 2016 11:20 by zia92 | 1190 hits
Jakarta Perlu 100 Tahun Lebih untuk Miliki Ruang Terbuka Hijau Sesuai Target
Image source: kompas.com

DREAMERS.ID - Pemerintah DKI Jakarta memiliki target untuk menciptakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebanyak 30 persen dari total luas wilayah ibu kota. Namun untuk mencapai target tersebut, pemerintah sepertinya perlu waktu yang lama, bahkan sampai seratus tahun lebih.

Seperti dilaporkan laman CNN, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta menyatakan bahwa RTH di ibu kota baru akan memenuhi target 30 persen tersebut pada tahun 2119 atau 113 tahun lagi. Waktu yang sangat panjang untuk menghijaukan Jakarta tersebut dikarenakan sulitnya persoalan pembebasan lahan.

Sampai saat ini, RTH baru memenuhi 9,98 persen dari luas Jakarta. Kondisi ini beberapa waktu lalu sempat membuat kesal Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. “Target RTH itu 30 persen, tapi untuk mencapai 10 persen saja tak bisa,” kata Ahok ketika meresmikan Ruang Terbuka Hijau Taman Jagakarsa di Jakarta Selatan.

Baca juga: Makin Ramai Hingga Dimasuki PKL, Taman Kalijodo Kini Jadi Kumuh dan Jorok

Seorang sumber dari Dinas Pertamanan dan Pemakaman mengatakan bahwa untuk mempercepat proses terpenuhinya RTH, pihaknya harus mengelola 300 hektare lahan dalam setahun. Padahal mereka hanya mampu mengelola rata-rata 10 hektare dalam setahun.

Dari 30 persen target Ruang Terbuka Hijau Jakarta, sebanyak 20 persen merupakan bagian publik, dan 10 persen lagi ranah pribadi. Dari 20 persen yang dikelola publik, 12,5 persen untuk taman, 6 persen untuk hutan kota, dan untuk lain-lain 1,5 persen.

(fzh)

  • HOT !
    Berita soal tradisi mudik Lebaran dan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah makin diburu untuk persiapan tahunan pertengahan Juni mendatang. Informasi akses, transportasi dan kebutuhan personal lain juga jadi favorit pembaca Dreamers.id selama sepekan terakhir....
  • HOT !
    Pelaku bom tiga gereja di Surabaya tersisa tiga jasad yang belum dimakamkan. Namun akhirnya ketiganya dijemput oleh keluarga dan dimakamkan setelah sekian lama tertahan di RS Bhayangkara....
  • HOT !
    Masih dari dalam lingkup pemberitaan viral sebuah video anak remaja mengancam menembak Presiden Jokowi dengan kata kata kasar sambil bertelanjang dada. Disebut anak tersebut telah menyerahkan diri ke kepolisian....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)