SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jakarta Perlu 100 Tahun Lebih untuk Miliki Ruang Terbuka Hijau Sesuai Target

Rabu, 27 April 2016 11:20 by zia92 | 1151 hits
Jakarta Perlu 100 Tahun Lebih untuk Miliki Ruang Terbuka Hijau Sesuai Target
Image source: kompas.com

DREAMERS.ID - Pemerintah DKI Jakarta memiliki target untuk menciptakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebanyak 30 persen dari total luas wilayah ibu kota. Namun untuk mencapai target tersebut, pemerintah sepertinya perlu waktu yang lama, bahkan sampai seratus tahun lebih.

Seperti dilaporkan laman CNN, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta menyatakan bahwa RTH di ibu kota baru akan memenuhi target 30 persen tersebut pada tahun 2119 atau 113 tahun lagi. Waktu yang sangat panjang untuk menghijaukan Jakarta tersebut dikarenakan sulitnya persoalan pembebasan lahan.

Sampai saat ini, RTH baru memenuhi 9,98 persen dari luas Jakarta. Kondisi ini beberapa waktu lalu sempat membuat kesal Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. “Target RTH itu 30 persen, tapi untuk mencapai 10 persen saja tak bisa,” kata Ahok ketika meresmikan Ruang Terbuka Hijau Taman Jagakarsa di Jakarta Selatan.

Baca juga: Makin Ramai Hingga Dimasuki PKL, Taman Kalijodo Kini Jadi Kumuh dan Jorok

Seorang sumber dari Dinas Pertamanan dan Pemakaman mengatakan bahwa untuk mempercepat proses terpenuhinya RTH, pihaknya harus mengelola 300 hektare lahan dalam setahun. Padahal mereka hanya mampu mengelola rata-rata 10 hektare dalam setahun.

Dari 30 persen target Ruang Terbuka Hijau Jakarta, sebanyak 20 persen merupakan bagian publik, dan 10 persen lagi ranah pribadi. Dari 20 persen yang dikelola publik, 12,5 persen untuk taman, 6 persen untuk hutan kota, dan untuk lain-lain 1,5 persen.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un kerap menuai kritikan karena tindakan yang kontroversial sebagai pemimpin dunia. Menariknya, sejumlah kantor Korea Utara nampak sangat memuja sosok Kim Jong Un yang diklaim memiliki kekuatan super....
  • HOT !
    Memiliki kemampuan menguasasi berbagai bahasa memang sangat berguna, baik itu untuk karier ataupun bersosialisasi. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari berbagai bahasa di dunia dan ingin mengetahui apa yang paling cepat dan paling lama untuk dipelajari, Foreign Service Institute telah menyortir bahasa bahasa utama di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)