home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jakarta Perlu 100 Tahun Lebih untuk Miliki Ruang Terbuka Hijau Sesuai Target

Rabu, 27 April 2016 11:20 by fzhchyn | 1411 hits
Jakarta Perlu 100 Tahun Lebih untuk Miliki Ruang Terbuka Hijau Sesuai Target
Image source: kompas.com

DREAMERS.ID - Pemerintah DKI Jakarta memiliki target untuk menciptakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebanyak 30 persen dari total luas wilayah ibu kota. Namun untuk mencapai target tersebut, pemerintah sepertinya perlu waktu yang lama, bahkan sampai seratus tahun lebih.

Seperti dilaporkan laman CNN, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta menyatakan bahwa RTH di ibu kota baru akan memenuhi target 30 persen tersebut pada tahun 2119 atau 113 tahun lagi. Waktu yang sangat panjang untuk menghijaukan Jakarta tersebut dikarenakan sulitnya persoalan pembebasan lahan.

Sampai saat ini, RTH baru memenuhi 9,98 persen dari luas Jakarta. Kondisi ini beberapa waktu lalu sempat membuat kesal Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. “Target RTH itu 30 persen, tapi untuk mencapai 10 persen saja tak bisa,” kata Ahok ketika meresmikan Ruang Terbuka Hijau Taman Jagakarsa di Jakarta Selatan.

Baca juga: Makin Ramai Hingga Dimasuki PKL, Taman Kalijodo Kini Jadi Kumuh dan Jorok

Seorang sumber dari Dinas Pertamanan dan Pemakaman mengatakan bahwa untuk mempercepat proses terpenuhinya RTH, pihaknya harus mengelola 300 hektare lahan dalam setahun. Padahal mereka hanya mampu mengelola rata-rata 10 hektare dalam setahun.

Dari 30 persen target Ruang Terbuka Hijau Jakarta, sebanyak 20 persen merupakan bagian publik, dan 10 persen lagi ranah pribadi. Dari 20 persen yang dikelola publik, 12,5 persen untuk taman, 6 persen untuk hutan kota, dan untuk lain-lain 1,5 persen.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)