home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jakarta Banjir Lagi, Ahok Sebut Air Laut Pasang Jadi Penyebabnya

Jumat, 22 April 2016 10:00 by fzhchyn | 1543 hits
Jakarta Banjir Lagi, Ahok Sebut Air Laut Pasang Jadi Penyebabnya
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Semalaman diguyur hujan, kawasan Ibu kota dan sekitarnya kembali dikepung banjir. Kejadian ini, otomatis membuat program penanggulangan banjir yang dilakukan Pemprov DKI kembali diuji. Ketinggian air pun bervariasi di berbagai lokasi.

Sebut saja, kawasan langganan banjir dan permukiman padat penduduk pun ikut terendam banjir. Seperti, Duren Tiga, kawasan Kemang dan Pejaten Barat, Jakarta Selatan. Selain itu, Komplek Bulak Rantai Kramat Jati, depan Pool PPD Hek Jl Raya Bogor, Jakarta Timur. Hingga kawasan Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Menanggapi hal ini, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan saat terjadi hujan lebat, bertepatan dengan pasangnya air laut. Sehingga, dia mengaku tak heran jika Ibu Kota terendam banjir. "Ya pasti kalau hujan, bertepatan dengan laut lagi pasang, maka Jakarta tergenang," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (21/4).

Baca juga: Survei 3 Periode Tunjukkan Ahok Lebih Berhasil Atasi Banjir, Seperti Apa Sih Program-programnya?

Karena pasang, katanya, naiknya permukaan air menyebabkan pompa-pompa menjadi tidak berfungsi secara maksimal. Sehingga, kondisi demikian kian memperparah saat terjadi hujan lebat seperti tadi malam. "Karena begitu dia pasang, pompa kami tidak bisa memompa lagi, muter. Kalau kita matikan pompa, semua Gunung Sahari meluap," terang Ahok.

Untuk permukiman warga di Jakarta Timur dan Selatan yang kerap jadi langganan banjir, Ahok mengklaim, karena kawasan itu memang berada di daerah aliran air (DAS). Sehingga wajar, bila hujan lebat mengguyur, membuat air sungai meluap.

"Kalau Selatan, beberapa tempat atau Timur, kalau hujan besar maka mereka tenggelam. Karena mereka tinggalnya di Daerah Aliran Sungai," klaimnya.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)