SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bus ‘Pinky’, Transjakarta Khusus Wanita yang Diluncurkan Tepat Di Hari Kartini

Kamis, 21 April 2016 18:52 by Dits | 2547 hits
Bus ‘Pinky’, Transjakarta Khusus Wanita yang Diluncurkan Tepat Di Hari Kartini
Image source: merdeka.com

DREAMERS.ID -  Ada yang baru dari Transjakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan dua unit bus khusus untuk penumpang wanita tepat di hari Kartini yang diberi nama bus ‘Pinky’.

Dua unit bus diluncurkan oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta Veronica Tan didampingi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Kadishubtrans Jakarta, Andri Yansyah, Dirut PT TransJakarta, Budi Kaliwono.

Ahok (sapaan akrab Basuki Tjahaja Purnama) mengatakan kalau bus ini diluncurkan sebagai bagian dari pelayanan pada para penumpang wanita yang mayoritas tak nyaman berhimpitan dengan penumpang pria.

"Kita harapkan bus ini enggak ada hubungan dengan emansipasi wanita. Tapi luncukan pas hari Kartini. Kita sadar di kota besar ini heterogen. Ada wanita yang risih berhimpitan dengan pria. Bus ini tentu yang kita harapkan bisa membuat kita nyaman," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis (21/4).


Ahok resmikan bus Transjakarta khusus wanita 2016 merdeka.com/arie basuki

Baca juga: Polisi Akhirnya Akui Kawal Dewi Persik Saat Terobos Jalur Busway

Rencananya, bus ‘Pinky’ akan mulai dioperasikan di Koridor 1 dengan rute Blok M-Kota. Sesuai dengan konsepnya, seluruh awak bus adalah perempuan yang terdiri dari dua orang petugas on board dan seorang pengemudi.

"Tahap awal 10, kita pakai yang lama dulu. Kalau ada pengadaan baru, langsung kita bagi dua, ada yang warna ini ada warna lain. Pengadaan bus berjalan dari Mei, Juni sampai Desember. Jadi tiap bulan ada bus baru," ujar Budi.

Kapasitas bus gandeng merek Scania ini sama seperti dengan bus Transjakarta lainnya yakni terdiri dari 38 kursi duduk dan sekitar 80 pegangan untuk penumpang yang berdiri. Berdasarkan pantauan, dua bus yang baru diluncurkan berwarna Pink dan putih. Di bagian sisinya terdapat tulisan 'Habis Gelap Terbitlah Terang'.

Source:
  • HOT !
    Terdakwa kasus terorisme Aman Abdurrahman yang dituntut hukuman mati oleh jaksa hari ini, Jumat (25/5), menjalani sidang pledoi atau pembelaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keterangannya, Aman mengatakan hal cukup mengejutkan karena berbeda dari pemahaman soal jihad di mata masyarakat selama ini....
  • HOT !
    Masih dari dalam lingkup pemberitaan viral sebuah video anak remaja mengancam menembak Presiden Jokowi dengan kata kata kasar sambil bertelanjang dada. Disebut anak tersebut telah menyerahkan diri ke kepolisian....
  • HOT !
    Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud memang telah menunjuk anak kandungnya, Pangeran Mohammed bin Salman atau yang sering disapa MBS sebagai pewarisnya. Namun kini rencana tersebut harus terusik dengan seruan kudeta....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)