home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bus ‘Pinky’, Transjakarta Khusus Wanita yang Diluncurkan Tepat Di Hari Kartini

Kamis, 21 April 2016 18:52 by Dits | 2842 hits
Bus ‘Pinky’, Transjakarta Khusus Wanita yang Diluncurkan Tepat Di Hari Kartini
Image source: merdeka.com

DREAMERS.ID -  Ada yang baru dari Transjakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan dua unit bus khusus untuk penumpang wanita tepat di hari Kartini yang diberi nama bus ‘Pinky’.

Dua unit bus diluncurkan oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta Veronica Tan didampingi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Kadishubtrans Jakarta, Andri Yansyah, Dirut PT TransJakarta, Budi Kaliwono.

Ahok (sapaan akrab Basuki Tjahaja Purnama) mengatakan kalau bus ini diluncurkan sebagai bagian dari pelayanan pada para penumpang wanita yang mayoritas tak nyaman berhimpitan dengan penumpang pria.

"Kita harapkan bus ini enggak ada hubungan dengan emansipasi wanita. Tapi luncukan pas hari Kartini. Kita sadar di kota besar ini heterogen. Ada wanita yang risih berhimpitan dengan pria. Bus ini tentu yang kita harapkan bisa membuat kita nyaman," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis (21/4).


Ahok resmikan bus Transjakarta khusus wanita 2016 merdeka.com/arie basuki

Baca juga: Catat! Bus Transjakarta Hanya Operasikan 13 Rute Ini Selama 2 Minggu ke Depan

Rencananya, bus ‘Pinky’ akan mulai dioperasikan di Koridor 1 dengan rute Blok M-Kota. Sesuai dengan konsepnya, seluruh awak bus adalah perempuan yang terdiri dari dua orang petugas on board dan seorang pengemudi.

"Tahap awal 10, kita pakai yang lama dulu. Kalau ada pengadaan baru, langsung kita bagi dua, ada yang warna ini ada warna lain. Pengadaan bus berjalan dari Mei, Juni sampai Desember. Jadi tiap bulan ada bus baru," ujar Budi.

Kapasitas bus gandeng merek Scania ini sama seperti dengan bus Transjakarta lainnya yakni terdiri dari 38 kursi duduk dan sekitar 80 pegangan untuk penumpang yang berdiri. Berdasarkan pantauan, dua bus yang baru diluncurkan berwarna Pink dan putih. Di bagian sisinya terdapat tulisan 'Habis Gelap Terbitlah Terang'.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)