SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sulit Diucapkan, Negara Ceko Resmi Ingin Disebut ‘Czechia’

Minggu, 17 April 2016 21:40 by zia92 | 1517 hits
Sulit Diucapkan, Negara Ceko Resmi Ingin Disebut ‘Czechia’
Image source: npr.org

DREAMERS.ID - Negara Republik Ceko atau yang dalam bahasa Internasional disebut Czech Republic, mengajukan permintaan resmi ke PBB untuk mengganti sebutan nama negara mereka. Kata 'Czech' rupanya sering keliru dilafalkan atau sulit diucapkan oleh penduduk negara lain.

Ada yang melafalkan 'cezek', 'ceska', atau keliru mencampurnya dengan sebutan lama 'cekoslowakia' padahal kedua negara itu sudah berpisah. Dan sebagai gantinya, Kementerian Luar Negeri Ceko menawarkan sebutan yang lebih mudah, yaitu ‘Czechia’ yang diucapkan 'Cekia'.

"Kami harap penyebutan ini bisa dipakai untuk situasi nonformal, misalnya saat pertandingan olahraga atau pertemuan bisnis," kata Menteri Luar Negeri Lubomir Zaoralek, seperti dilansir Al Arabiya, Sabtu (16/4), mengutip Merdeka.

Sang menlu mengatakan dari hasil kajian pemerintah Ceko, sebutan negaranya yang bervariasi cukup membingungkan diplomat mitra. Selain ke PBB, negara-negara sahabat juga sudah dikirimi edaran mengenai sebutan baru tersebut. "Terlalu banyak distoris dan salah eja terkait nama negara kami," kata Zaoralek.

Baca juga: Tak Ada Perayaan Semprot Sampanye di Podium MotoGP Ceko, Apa Alasannya?

Ceko berpisah secara damai dari Slowakia pada 1993. Negara pecahan Uni Soviet itu kemudian memakai nama resmi Republik Czech. Konon usulan mengganti panggilan negara ini datang langsung dari Presiden Milos Zeman.

Penggantian nama ini ternyata menuai protes di internal pemerintah Ceko. Karla Slechtova, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal melontarkan kritik melalui Twitter. "Saya takut dengan panggilan baru Czechia, orang-orang justru akan mengira kita sama dengan Chechnya," tulis Karla.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Penundaan pertemuan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebabkan sejumlah perwakilan organisasi masyarakat (ormas) dan kelembagaan masyarakat merasa kecewa. Mereka pun meluapkan emosinya di Balai Kota, sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa (12/12)....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)