home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sulit Diucapkan, Negara Ceko Resmi Ingin Disebut ‘Czechia’

Minggu, 17 April 2016 21:40 by fzhchyn | 1699 hits
Sulit Diucapkan, Negara Ceko Resmi Ingin Disebut ‘Czechia’
Image source: npr.org

DREAMERS.ID - Negara Republik Ceko atau yang dalam bahasa Internasional disebut Czech Republic, mengajukan permintaan resmi ke PBB untuk mengganti sebutan nama negara mereka. Kata 'Czech' rupanya sering keliru dilafalkan atau sulit diucapkan oleh penduduk negara lain.

Ada yang melafalkan 'cezek', 'ceska', atau keliru mencampurnya dengan sebutan lama 'cekoslowakia' padahal kedua negara itu sudah berpisah. Dan sebagai gantinya, Kementerian Luar Negeri Ceko menawarkan sebutan yang lebih mudah, yaitu ‘Czechia’ yang diucapkan 'Cekia'.

"Kami harap penyebutan ini bisa dipakai untuk situasi nonformal, misalnya saat pertandingan olahraga atau pertemuan bisnis," kata Menteri Luar Negeri Lubomir Zaoralek, seperti dilansir Al Arabiya, Sabtu (16/4), mengutip Merdeka.

Sang menlu mengatakan dari hasil kajian pemerintah Ceko, sebutan negaranya yang bervariasi cukup membingungkan diplomat mitra. Selain ke PBB, negara-negara sahabat juga sudah dikirimi edaran mengenai sebutan baru tersebut. "Terlalu banyak distoris dan salah eja terkait nama negara kami," kata Zaoralek.

Baca juga: Tak Ada Perayaan Semprot Sampanye di Podium MotoGP Ceko, Apa Alasannya?

Ceko berpisah secara damai dari Slowakia pada 1993. Negara pecahan Uni Soviet itu kemudian memakai nama resmi Republik Czech. Konon usulan mengganti panggilan negara ini datang langsung dari Presiden Milos Zeman.

Penggantian nama ini ternyata menuai protes di internal pemerintah Ceko. Karla Slechtova, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal melontarkan kritik melalui Twitter. "Saya takut dengan panggilan baru Czechia, orang-orang justru akan mengira kita sama dengan Chechnya," tulis Karla.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)