SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Beri Penghormatan Untuk Akhiri Hidup, Negara Ini Akan Legalkan Bunuh Diri Untuk Orang Sakit Berat

Sabtu, 16 April 2016 23:00 by reinasoebisono | 1748 hits
Beri Penghormatan Untuk Akhiri Hidup, Negara Ini Akan Legalkan Bunuh Diri Untuk Orang Sakit Berat
Image source: lifesitenew

DREAMERS.ID - Pilihan hidup dan mati seseorang memang menjadi pilihan yang pelik untuk sebagian orang, dan ada beberapa negara yang mengatur akhir dari hidup seorang manusia. Tentu saja dengan syarat dan kondisi tertentu, dan biasanya didasari alasan medis.

Banyaknya penderita sakit berat dan untuk mengurangi penderitaan panjang pasien, Negara Kanada tengah menggodok rancangan undang-undang kesehatan baru yang memungkinkan penderita penyakit serius dan tidak ada harapan disembuhkan untuk bunuh diri, melansir CNN.

Namun tidak sembarangan, upaya bunuh diri itu dilakukan dengan cara media yang biasa disebut euthanasia dan mendapat dampingan ketat dari tim medis. Dalam RUU tersebut disebutkan, pasien penderita penyakit kronis berhak memutuskan untuk mengakhirir hidupnya dengan obat.

Namun yang diperbolehkan adalah yang mengalami penderitaan panjang dan tidak bisa ditolerir lagi. Dan lagi, yang diperbolehkan melakukan euthanasia ini hanya warga negara Kanada. Hal ini untuk menutup kesempatan adanya ‘wisata bunuh diri’.

Baca juga: Hampir 10 Tahun, Kejaksaan Akhirnya Investigasi Ulang Kasus Bunuh Diri Mendiang Aktris Jang Ja Yeon

Setelah melakukan permintaan ;bunuh diri’ tersebut, pasien harus menunggu 15 hari. Selama masa menunggu tersebut, pasien boleh membatalkan ataupun mempercepat proses jika dirasa mendesak secara medis.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau sendiri mengatakan jika masalah ini adalah hal yang sangat personal dan mempengaruhi baik individu penderita maupun keluarga. Selain itu hal ini juga sebagai penghormatan pilihan rakyat Kanada sekaligus memberikan perlindungan yang diperlukan.

(rei)

  • HOT !
    Pihak Basarnas yang mengkoordinasikan pencarian KM Sinar Bangun yang masih tenggelam bersama puluhan penumpangnya, akuirnya menemukan dan berhasil mendeteksi posisi kapal itu di kedalaman Danau Toba, Sumatera Utara....
  • HOT !
    Sidang vonis terhadap terdakwa teroris Aman Abdurrahman sempat diwarnai skors saat baru saja dimulai sekitar 2 menit. Hakim ketua sidang, Akhmad Jaeni menskors dengan alasan untuk menetralisasi ruang sidang dari ala tkomunikasi dan kamera karena dilarangnya siaran langsung oleh media mau pun akun sosial media via smartphone....
  • HOT !
    Tagar #HBDJokowiKerjaPakaiHati langsung jadi trending topic mengiringi hari ulang tahun ke 57 Presiden Jokowi. Tapi ternyata ada cerita lucu di balik sosok Jokowi yang mengaku suka lupa jika ia tengah berulang tahun....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : bellecious0193
Cast : Wu Yi Fan aka Kris Wu, Lee Na Ra (oc), Cho Kyuhyun, Lee Hea Ae (oc), Oh Sehun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)