SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Beri Penghormatan Untuk Akhiri Hidup, Negara Ini Akan Legalkan Bunuh Diri Untuk Orang Sakit Berat

Sabtu, 16 April 2016 23:00 by reinasoebisono | 1707 hits
Beri Penghormatan Untuk Akhiri Hidup, Negara Ini Akan Legalkan Bunuh Diri Untuk Orang Sakit Berat
Image source: lifesitenew

DREAMERS.ID - Pilihan hidup dan mati seseorang memang menjadi pilihan yang pelik untuk sebagian orang, dan ada beberapa negara yang mengatur akhir dari hidup seorang manusia. Tentu saja dengan syarat dan kondisi tertentu, dan biasanya didasari alasan medis.

Banyaknya penderita sakit berat dan untuk mengurangi penderitaan panjang pasien, Negara Kanada tengah menggodok rancangan undang-undang kesehatan baru yang memungkinkan penderita penyakit serius dan tidak ada harapan disembuhkan untuk bunuh diri, melansir CNN.

Namun tidak sembarangan, upaya bunuh diri itu dilakukan dengan cara media yang biasa disebut euthanasia dan mendapat dampingan ketat dari tim medis. Dalam RUU tersebut disebutkan, pasien penderita penyakit kronis berhak memutuskan untuk mengakhirir hidupnya dengan obat.

Namun yang diperbolehkan adalah yang mengalami penderitaan panjang dan tidak bisa ditolerir lagi. Dan lagi, yang diperbolehkan melakukan euthanasia ini hanya warga negara Kanada. Hal ini untuk menutup kesempatan adanya ‘wisata bunuh diri’.

Baca juga: Foto Ini Sebabkan Jungkook BTS Diduga Lakukan Percobaan Bunuh Diri?

Setelah melakukan permintaan ;bunuh diri’ tersebut, pasien harus menunggu 15 hari. Selama masa menunggu tersebut, pasien boleh membatalkan ataupun mempercepat proses jika dirasa mendesak secara medis.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau sendiri mengatakan jika masalah ini adalah hal yang sangat personal dan mempengaruhi baik individu penderita maupun keluarga. Selain itu hal ini juga sebagai penghormatan pilihan rakyat Kanada sekaligus memberikan perlindungan yang diperlukan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membahas banyak hal saat jadi pembicara di pembicara di Ponpes Daar El Qolam 3, Desa Pangkat, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Sabtu (20/1)....
  • HOT !
    Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama dengan wakilnya Sandiaga Uno kerap kali mengundang pro dan kontra di kalangan masyarakat. Mulai dari OK Otrip, Becak yang akan beroperasi di Jakarta hingga down payment (DP) 0 rupiah. Meski demikian, Anies tak ingin ambil pusing soal perdebatan tersebut, baginya adanya pro kontra sudah biasa dalam setiap kebijakan....
  • HOT !
    Manusia mengirimkan berbagai material dan stasiun ke ruang angkasa untuk penelitian. Namun tak jarang yang dikirimkan ke luar angkasa akan kembali jatuh ke Bumi dengan berbagai alasan, termasuk rute orbit yang dilaluinya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : SMEnt artist

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)