SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ancam Kelestarian Borobudur dengan Parkour, ‘Red Bull’ Diprotes Kemdikbud

Kamis, 14 April 2016 10:00 by reinasoebisono | 2275 hits
Ancam Kelestarian Borobudur dengan Parkour, ‘Red Bull’ Diprotes Kemdikbud
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Sebuah video yang disebut sebagai video iklan brand minuman energi ‘Red Bull’ beredar. Harusnya tidak ada yang istimewa, namun video yang memperlihatkan seorang pemuda melakukan parkour atau olahraga melompat atau berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya ini menuai protes.

Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Hilmar Farid pun mengatakan akan melayangkan surat protes kepada ‘Red Bull’ terkait video pemuda yang berlompatan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Jika dipikir, memang bisa saja hal ini jadi ajang promosi wisata, namun Kemdikbud keberatan dengan iklan tersebut karena bisa memicu masyarakat melakukan hal yang serupa. Bukan tanpa alasan, karena kondisi Borobudur tidak kuat lagi dan beresiko rusak.

“Kami akan melayangkan surat terkait iklan ini pada 'Red Bull' dan juga asosiasi parkour yang menaungi bintang iklan itu,” kata Hilmar dalam sebuah konferensi pers.

Sebagai warisan budaya, usia Candi Borobudur itu terbatas, bahkan harusnya orang yang mengunjungi Borobudur dibatasi, hanya 150 orang dalam waktu bersamaan. Terlebih, pengambilan gambar tersebut diketahui tidak berizin.

“Mereka (perusahaan) bilang kalau pengambilan gambar tidak direncanakan. Padahal logikanya, mana mungkin pengambilan gambar tanpa perencanaan,” cetus Hilmar lagi.

Terlebih, iklan tersebut juga dinilai melanggar Undang-Undang Cagar Budaya di mana Borobudur masuk dalam cagar budaya yang harus dijaga keaslian dan kelestariannya. Melansir CNN, 'Red Bull' yang telah menghapus video tersebut dari laman Facebook-nya juga telah meminta maaf secara lisan kepada Kemdikbud, namun pihak Hilmar akan membawanya ke proses lebih lanjut.

(rei)

Komentar
  • HOT !
     Kakbah adalah sebuah bangunan suci berbentuk kubus yang terletak di Mekah, Masjidil Haram. Bangunan itu dijadikan arah kiblat saat melaksanakan ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia. Hingga sekarang ini, bangunan Kakbah selalu ditutup oleh sebuah kain hitam atau yang disebut kiswah....
  • HOT !
    Di masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, setiap rapat yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta selalu diunggah ke channel Youtube, dengan alasan transparansi kepada masyarakat....
  • HOT !
    Sosok seorang pangeran dari Arab Saudi jadi pembicaraan viral lantaran terungkap menjadi pembeli lukisan Yesus Kristus yang diklaim sebagai yang termahal di dunia. Kegiatannya ini disebut berpotensi memicu kontroversi karena perilakunya dianggap tak Islami....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)