home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ancam Kelestarian Borobudur dengan Parkour, ‘Red Bull’ Diprotes Kemdikbud

Kamis, 14 April 2016 10:00 by reinasoebisono | 2655 hits
Ancam Kelestarian Borobudur dengan Parkour, ‘Red Bull’ Diprotes Kemdikbud
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Sebuah video yang disebut sebagai video iklan brand minuman energi ‘Red Bull’ beredar. Harusnya tidak ada yang istimewa, namun video yang memperlihatkan seorang pemuda melakukan parkour atau olahraga melompat atau berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya ini menuai protes.

Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Hilmar Farid pun mengatakan akan melayangkan surat protes kepada ‘Red Bull’ terkait video pemuda yang berlompatan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Jika dipikir, memang bisa saja hal ini jadi ajang promosi wisata, namun Kemdikbud keberatan dengan iklan tersebut karena bisa memicu masyarakat melakukan hal yang serupa. Bukan tanpa alasan, karena kondisi Borobudur tidak kuat lagi dan beresiko rusak.

“Kami akan melayangkan surat terkait iklan ini pada 'Red Bull' dan juga asosiasi parkour yang menaungi bintang iklan itu,” kata Hilmar dalam sebuah konferensi pers.

Sebagai warisan budaya, usia Candi Borobudur itu terbatas, bahkan harusnya orang yang mengunjungi Borobudur dibatasi, hanya 150 orang dalam waktu bersamaan. Terlebih, pengambilan gambar tersebut diketahui tidak berizin.

“Mereka (perusahaan) bilang kalau pengambilan gambar tidak direncanakan. Padahal logikanya, mana mungkin pengambilan gambar tanpa perencanaan,” cetus Hilmar lagi.

Terlebih, iklan tersebut juga dinilai melanggar Undang-Undang Cagar Budaya di mana Borobudur masuk dalam cagar budaya yang harus dijaga keaslian dan kelestariannya. Melansir CNN, 'Red Bull' yang telah menghapus video tersebut dari laman Facebook-nya juga telah meminta maaf secara lisan kepada Kemdikbud, namun pihak Hilmar akan membawanya ke proses lebih lanjut.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)