SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

‘Berseteru’ Dengan Ahok di Kasus Sumber Waras, Ketua BPK Diminta Mundur Karena Tersangkut Panama Papers

Rabu, 13 April 2016 13:10 by reinasoebisono | 2404 hits
‘Berseteru’ Dengan Ahok di Kasus Sumber Waras, Ketua BPK Diminta Mundur Karena Tersangkut Panama Papers
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Kasus Panama Papers makin mengungkap nama-nama pejabat dunia yang menghindari pajak negara, tidak terkecuali di Indonesia. Dan di tengah kisruhnya kasus Sumber Waras antara Gubernur DKI Jakarta, Ahok dan Badan Pemeriksa Keuangan, nama ketua BPK masuk dalam daftar Panama Papers.

Panama Papers adalah sebuah daftar yang berisi nama-nama pejabat penting dunia yang memiliki perusahaan di luar negeri dengan tujuan untuk menyembunyikan kekayaan dan menghindari pajak di negara yang tidak jelas alur pajaknya.

Nama Ketua BPK Harry Azhar Azis yang ada dalam daftar tersebut dianggap menyalahi kode etik pejabat publik dan diminta mengundurkan diri dari jabatannya. Menurut Anggota Komisi Keuangan DPR RI Eva Kusuma Sundari, Harry Azhar harusnya menanam modal di dalam negeri, bukan malah mendirikan perusahaan di luar negeri yang ‘abu-abu’ alur pajaknya.

“Jelas pelanggaran etik. Kalau Pak Harry memelopori (mengundurkan diri), maka akan jadi preseden baik. Kami butuh role model yang bertanggung jawab,” kata Eva melansir Tempo.

Baca juga: Ini Pergub yang Dibuat Ahok Namun Dilanggar oleh Pemerintahan Anies-Sandi

Sangat disayangkan karena Harry Azhar tidak mencantumkan perusahaan yang diduga miliknya yang berada di luar negeri itu dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara. Selain Harry Azhar, terdapat beberapa nama lain seperti calon Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan bos grup Lippo, James Riady.

Sementara itu, Harry Azhar sedang beradu kebenaran dengan Gubernur Ahok terkait masalah pembelian tanah RS Sumber Waras. Ahok menuding BPK menyembunyikan kebenaran setelah diperiksa KPK 12 jam Selasa (12/4) kemarin. Harry Azhar pun sebelumnya membalas dengan menantang Ahok untuk mengadukan masalah tersebut ke pengadilan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)