SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Markas Teroris Diserang Makan 18 Korban, Bagaimana Nasib Sandera WNI di Filipina?

Senin, 11 April 2016 23:00 by reinasoebisono | 2144 hits
Markas Teroris Diserang Makan 18 Korban, Bagaimana Nasib Sandera WNI di Filipina?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Militer Filipina akhirnya menyerbu markas kelompok militan Abu Sayyaf di wilayah Basilan, Filipina yang juga tengah menyandera 10 WNI. Sayangnya, operasi militer ini berujung tragis karena belasan tentara Filipina tewas dalam penyerangan.

Sebanyak 18 tentara Filipina dan 5 orang militan Abu Sayyaf dilaporkan tewas. Tragedi ini diklaim sebagai kekalahan terbesar pemerintah Filipina dalam menghadapi kelompok separatis dalam beberapa tahun terakhir.

Filipina memang belum membuka bantuan asing termasuk Indonesia untuk membantu membebaskan para sandera. Sempat tidak ada kabar mengenai 10 WNI yang juga Anak Buah Kapal tongkang Anand 12 dan Brahma 12, namun Kementerian Luar Negeri RI melaporkan jika seluruh sandera dalam kondisi sehat selamat dan tidak berada di lokasi baku tembak.


Image source: Tempo

Sementara itu, Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu mengatakan jika kemungkinan besar TNI tidak bisa melakukan operasi militer untuk membebaskan 10 WNI tersebut karena Undang-Undang Filipina melarang hal tersebut.

Baca juga: Disandera Militan Abu Sayyaf, Pelaut Indonesia Ini Berhasil Kabur Dengan Berenang ke Laut

Konstitusi Filipina memang melarang pihak asing terutama militer untuk masuk. Hal ini dimaklumi karena setiap negara memiliki kedaulatan dan pride masing-masing sebagai negara kesatuan. Opsi yang masih dilakukan tentu saja negosiasi secara diplomatik.

“Negosiasi jadinya. Setelah (opsi) diplomasi, operasi militer. Kalau operasi pasti ada korban,” kata Ryamizard yang memang terbukti operasi militer Filipina memakan korban yang cukup banyak.

(rei/Tempo/Merdeka)

  • HOT !
    Remaja pelaku video yang mengancam akan menembak Presiden Jokowi yang berinisial RJT alias S (16) bersama ayahnya telah membuat video permintaan maaf. Namun kabar terakhir mengatakan ia tetap diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku....
  • HOT !
    Hubungan cinta terlarang dan kelewat batas tercermin dari kasus kehamilan siswi SMP di Tulungagung, Jawa Timur oleh seorang siswa SD. Mengejar legalitas untuk menikah, Kantor Urusan Agama (KUA) sempat menolak pernikahan keduanya karena belum cukup umur....
  • HOT !
    Penyebaran konten digital kini harus lebih diperhatikan, karena jika terlalu sensitif bisa berakibat protes keras dari publik. Seperti yang dialami oleh seorang anggota DPRD Karawang bernama Hitler Nababan pada Selasa (22/5) ini....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)