SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Markas Teroris Diserang Makan 18 Korban, Bagaimana Nasib Sandera WNI di Filipina?

Senin, 11 April 2016 23:00 by reinasoebisono | 2103 hits
Markas Teroris Diserang Makan 18 Korban, Bagaimana Nasib Sandera WNI di Filipina?
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Militer Filipina akhirnya menyerbu markas kelompok militan Abu Sayyaf di wilayah Basilan, Filipina yang juga tengah menyandera 10 WNI. Sayangnya, operasi militer ini berujung tragis karena belasan tentara Filipina tewas dalam penyerangan.

Sebanyak 18 tentara Filipina dan 5 orang militan Abu Sayyaf dilaporkan tewas. Tragedi ini diklaim sebagai kekalahan terbesar pemerintah Filipina dalam menghadapi kelompok separatis dalam beberapa tahun terakhir.

Filipina memang belum membuka bantuan asing termasuk Indonesia untuk membantu membebaskan para sandera. Sempat tidak ada kabar mengenai 10 WNI yang juga Anak Buah Kapal tongkang Anand 12 dan Brahma 12, namun Kementerian Luar Negeri RI melaporkan jika seluruh sandera dalam kondisi sehat selamat dan tidak berada di lokasi baku tembak.


Image source: Tempo

Sementara itu, Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu mengatakan jika kemungkinan besar TNI tidak bisa melakukan operasi militer untuk membebaskan 10 WNI tersebut karena Undang-Undang Filipina melarang hal tersebut.

Baca juga: Disandera Militan Abu Sayyaf, Pelaut Indonesia Ini Berhasil Kabur Dengan Berenang ke Laut

Konstitusi Filipina memang melarang pihak asing terutama militer untuk masuk. Hal ini dimaklumi karena setiap negara memiliki kedaulatan dan pride masing-masing sebagai negara kesatuan. Opsi yang masih dilakukan tentu saja negosiasi secara diplomatik.

“Negosiasi jadinya. Setelah (opsi) diplomasi, operasi militer. Kalau operasi pasti ada korban,” kata Ryamizard yang memang terbukti operasi militer Filipina memakan korban yang cukup banyak.

(rei/Tempo/Merdeka)

Komentar
  • HOT !
    Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un kerap menuai kritikan karena tindakan yang kontroversial sebagai pemimpin dunia. Menariknya, sejumlah kantor Korea Utara nampak sangat memuja sosok Kim Jong Un yang diklaim memiliki kekuatan super....
  • HOT !
    Ketua DPR (nonaktif) Setya Novanto menunjukan sikap tak kooperatif saat menjalani sidang perdana Pengadilan Tipikor Jakarta, yang digelar pada Rabu (13/12). Novanto yang tersangkut kasus korupsi pengadaan e KTP ini seperti sakit parah dan tak dapat mendengar saat tengah pembacaan dakwaan....
  • HOT !
    Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un memiliki keyakinan sangat besar bisa memenangkan perang jika terjadi melawan Amerika Serikat. Kim mendeklarasikan kekuatan militernya tersebut dengan berambisi menjadikan Korut sebagai negara nuklir di dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)