SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diprotes Pemerintah Mesir, Patung Sphinx ‘KW’ Buatan Cina Dihancurkan

Selasa, 05 April 2016 17:00 by zia92 | 2540 hits
Diprotes Pemerintah Mesir, Patung Sphinx ‘KW’ Buatan Cina Dihancurkan
Image source: Reuters

DREAMERS.ID - Sebuah replika patung Sphinx yang dibangun di Shijiazhuang, ibukota provinsi Hebei, Cina utara, terpaksa harus dihancurkan pada 2 April lalu setelah dilaporkan mendapat keluhan dari departemen warisan budaya di Mesir.

Dengan tinggi 20 meter dan panjang 60 meter, patung tiruan tersebut memiliki ukuran yang hampir sama dengan Sphinx asli yang berada di Mesir. Seperti dilaporlan laman People’s Daily Online, Cina membangun patung tersebut di sebuah taman industri lokal Hebei Great Wall Film Studios untuk keperluan syuting film dan TV.


Image source: Reuters

Setelah pembangunan rampung, pihak berwenang Mesir pun mengajukan keluhan ke UNESCO pada Mei 2014 dan mengatakan bahwa konstruktor patung seharusnya memberitahu pihak berwenang Mesir terlebih dahulu jika pembangunan patung tersebut untuk syuting film dan TV sesuai dengan aturan konvensi internasional.

Otoritas Mesir juga menganggap kalau patung tiruan tersebut memiliki detail yang sangat berbeda dengan yang aslinya. Hal tersebut tentu ditakutkan akan mempengaruhi apresiasi masyarakat terhadap patung yang asli dan bisa mempengaruhi industri pariwisata, syuting film dan TV di Mesir.


Sphinx tiruan buatan Cina, Desember 2015 (Imagine China)

Konstruktor patung di Cina kemudian mulai menanggung tekanan yang lebih berat setelah ada sebuah laporan media yang mempertanyakan tujuan dan legalitas patung Sphinx ‘KW’ tersebut.

Sementara itu, para ahli mencatat bahwa dalam aturan konvensi internasional sebenarnya tindakan meniru situs warisan budaya tidak dilarang.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)