home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diprotes Pemerintah Mesir, Patung Sphinx ‘KW’ Buatan Cina Dihancurkan

Selasa, 05 April 2016 17:00 by fzhchyn | 3720 hits
Diprotes Pemerintah Mesir, Patung Sphinx ‘KW’ Buatan Cina Dihancurkan
Image source: Reuters

DREAMERS.ID - Sebuah replika patung Sphinx yang dibangun di Shijiazhuang, ibukota provinsi Hebei, Cina utara, terpaksa harus dihancurkan pada 2 April lalu setelah dilaporkan mendapat keluhan dari departemen warisan budaya di Mesir.

Dengan tinggi 20 meter dan panjang 60 meter, patung tiruan tersebut memiliki ukuran yang hampir sama dengan Sphinx asli yang berada di Mesir. Seperti dilaporlan laman People’s Daily Online, Cina membangun patung tersebut di sebuah taman industri lokal Hebei Great Wall Film Studios untuk keperluan syuting film dan TV.


Image source: Reuters

Setelah pembangunan rampung, pihak berwenang Mesir pun mengajukan keluhan ke UNESCO pada Mei 2014 dan mengatakan bahwa konstruktor patung seharusnya memberitahu pihak berwenang Mesir terlebih dahulu jika pembangunan patung tersebut untuk syuting film dan TV sesuai dengan aturan konvensi internasional.

Otoritas Mesir juga menganggap kalau patung tiruan tersebut memiliki detail yang sangat berbeda dengan yang aslinya. Hal tersebut tentu ditakutkan akan mempengaruhi apresiasi masyarakat terhadap patung yang asli dan bisa mempengaruhi industri pariwisata, syuting film dan TV di Mesir.


Sphinx tiruan buatan Cina, Desember 2015 (Imagine China)

Konstruktor patung di Cina kemudian mulai menanggung tekanan yang lebih berat setelah ada sebuah laporan media yang mempertanyakan tujuan dan legalitas patung Sphinx ‘KW’ tersebut.

Sementara itu, para ahli mencatat bahwa dalam aturan konvensi internasional sebenarnya tindakan meniru situs warisan budaya tidak dilarang.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)