SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makan Banyak Korban, Ini Alasan Bom ISIS Belgia Disebut ‘Biangnya Setan’

Minggu, 27 Maret 2016 23:00 by reinasoebisono | 2064 hits
Makan Banyak Korban, Ini Alasan Bom ISIS Belgia Disebut ‘Biangnya Setan’
Image source: Telegraph.c

DREAMERS.ID - Bom yang terjadi di Bandara dan stasiun metro Brussels, Belgia memang cukup mematikan. Selain daya ledak yang besar, para korban tewas pun dilaporkan tercerai berai dan banyak yang hidup dalam kondisi tak utuh.

Kini polisi Belgia telah berhasil mengidentifikasi ketiga pelaku yang terekam gambar CCTV, mereka juga menggeledah apartemen yang diduga menjadi tempat beroperasi untuk meledakkan bom nahas yang disebut bom ‘biangnya setan’ itu. Apa alasan julukan tersebut?

1. Mudah Meledak

Bom yang ditemukan polisi Belgia adalah jenis TATP dan berjumlah total 15 kg! Bahan peledak TATP dikenal sangat rapuh dan mudah meledak. Bom ini bisa meledak hanya karena sundutan rokok, bahkan jika diletakkan di tempat yang cukup panas.

2. Mudah Dibuat

Baca juga: Pelaku Teror Paris dan Brussels Berencana Serang Ajang Euro 2016

TATP adalah bom favorit ISIS karena sangat mudah dibuat. Bahkan bahan pembuatnya bisa didapatkan di toko swalayan. Di antaranya adalah aseton, cairan pembersih, pemutih kayu dan asam sulfur dengan total biaya kurang dari Rp500 Ribu. Tragedi bom Paris yang menewaskan 130 orang juga diketahui menggunakan bahan peledak semacam ini.

3. Dibuat Dalam Skala Industri Besar

Menurut lembaga Conflict Armament Research, ISIS diketahui membuat bom jenis ini di Irak dan Suriah dalam skala besar hingga bisa disebut industri. Cukup miris untuk produk yang dibuat adalah bom. Namun sejak 2014, Uni Eropa telah membuat peraturan agar negara-negara di sana membatasi penjualan bahan kimia yang bisa digunakan sebagai bahan peledak.

(rei/CNN)

Komentar
  • HOT !
     Gempa berkekuatan cukup besar menghebohkan Indonesia karena terasa di sepanjang daerah Selatan Pulau Jawa. Karena guncangan berpusat di dalam laut, masyarakat khawatir terjadi tsunami karena BMKG memang sempat mengeluarkan peringatan dini....
  • HOT !
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberi klarifikasi jika salah satu program andalannya, yaitu OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) tidak pernah berjanji memberikan modal....
  • HOT !
    Gugatan praperadilan jilid II yang diajukan oleh Ketua DPR (non aktif) Setya Novanto terkait kasus korupsi megaproyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e KTP) dinyatakan gugur oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Keputusan tersebut disahkan oleh Hakim Kusno saat sidang digelar Kamis (14/12)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)