SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Kata Kapolri Soal Kasus Dugaan Pelecehan Lambang Negara oleh Zaskia Gotik

Selasa, 22 Maret 2016 11:00 by zia92 | 1526 hits
Ini Kata Kapolri Soal Kasus Dugaan Pelecehan Lambang Negara oleh Zaskia Gotik
Image source: tempo.co

DREAMERS.ID - Baru-baru ini pedangdut Zaskia Gotik membuat netizen dan masyarakat Indonesia geram atas candaannya yang dianggap telah melecehkan lambang negara Republik Indonesia. akibatnya kecaman pun datang dari berbagai pihak, bahkan wanita 25 tahun tersebut telah dilaporkan ke pihak berwajib.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pada Selasa (15/3), Zaskia yang tengah mengisi acara di sebuah program di stasiun televisi swasta melontarkan candaan dengan mengatakan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia jatuh pada 32 Agustus dan menyebutkan lambang sila kelima Pancasila adalah bebek nungging.

Setelah mendapat hujatan dari netizen dan menyadari apa yang diucapkannya itu salah, wanita yang akrab disapa Neng itu pun langsung menyatakan permintaan maafnya. "Neng di sini mau klarifikasi dan mau minta maaf. Neng tidak ada niat sama sekali untuk menghina," ujar Zaskia kepada wartawan, Rabu (16/3).

Meski sudah minta maaf dan menyesali perbuatannya, namun Zaskia tak lepas dari jerat hukum. Sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bernama Komunitas Pengawas Korupsi (KPK) melaporkan Zaskia ke polisi atas kasus penghinaan lambang negara Indonesia tersebut.

“Kami sudah melaporkan saudari Zaskia Gotik terkait dengan pernyataan yang jelas-jelas sekali melanggar undang-undang tentang lambang negara. Salah satu yang kami laporkan adalah keluarnya kata 'bebek nungging' saat pembawa acara program musik menanyakan apa lambang dari sila kelima. Jawaban itu tidak hanya ucapan tapi disertai tulisan," ucap Zacky Rasyidin sebagai kuasa hukum dari LSM KPK, Kamis (17/3).

Baca juga: Unggah Video Goyang Seksi di Depan Anak-Anak, Zaskia Gotik Kembali Dikecam Netizen

Terkait pelaporan tersebut, pihak kepolisian menuturkan bahwa dasar hukum pelecehan harus lebih dulu diperiksa. "Saat ada pelaporan, yang pertama kami dilakukan adalah cek dulu dasar hukumnya. Lalu dilihat, adakah pelanggaran hukum yang dilanggar," ujar Kepala Kepolisian RI Jenderal Badrodin Haiti di Markas Besar Polri, Senin (21/3), mengutip Tempo.

Namun, Badrodin menjelaskan, terkait dengan penghinaan lambang negara sudah ada undang-undangnya. "Ini kan terkait dengan lambang negara. Lambang-lambang negara kan sudah ada undang-undangnya dan ancamannya," tuturnya.

Menurut Badrodin, polisi harus melihat kembali dasar hukum dan tindakan yang dilakukan penyanyi dangdut yang terkenal dengan goyang itiknya tersebut. "Pastikan dulu apa yang sudah dilakukan Zaskia ini memenuhi unsur pidana yang disangkakan atau tidak," katanya.

Kini dugaan pelecehan tersebut sedang diproses Polda Metro Jaya. Rencananya, Polda juga akan memanggil Julia Perez dan Denny Cagur untuk dimintai keterangan terkait dengan kasus Zaskia.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)