home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selesai Gerhana Matahari Total, Indonesia Akan Sambut Gerhana Lainnya

Senin, 21 Maret 2016 19:25 by reinasoebisono | 1882 hits
Selesai Gerhana Matahari Total, Indonesia Akan Sambut Gerhana Lainnya
Image source: Republika

DREAMERS.ID - Usai euforia Gerhana Matahari Total yang terjadi di beberapa daerah Indonesia pada 9 Maret lalu, ternyata fenomena alam belum mau meninggalkan tanah air. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengkonfirmasi jika Indonesia akan mengalami gerhana lainnya.

Bukan matahari, namun Gerhana Bulan Penumbra yang bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia pada Rabu malam, 23 Maret 2016 besok. Gerhana Bulan Penumbra ini mulai terjadi pukul 16.36 dan mencapai puncaknya pada 18.47 dan berakhir pada pukul 20.57 zona WIB.

“Gerhana Bulan Penumbra pada Rabu malam bisa disaksikan di seluruh Indonesia tepat dua minggu setelah Gerhana Matahari Total,” kata Prakirawan BMKG Juanda Taufik Hermawan melansir laman Republika.

Namun ada syaratnya untuk bisa menyaksikan Gerhana Bulan Penumbra ini. Selain harus dilihat secara detail, Gerhana Bulan Penumbra hanya bisa dilihat jika cuaca benar-benar cerah dan tidak berawan.

Baca juga: Apa Sih Gerhana Matahari Cincin Yang Akan Hiasi Langit Indonesia 26 Desember 2019 Nanti?

Jangan khawatir jika ketinggalan melihatnya Rabu besok, karena Gerhana Bulan Penumbra pada tahun ini akan terjadi 3 kali di Indonesia. Gerhana ini akan terjadi pada 23 Maret, 18 Agustus dan 17 September.

Berbeda dengan Gerhana Matahari yang cahayanya tertutup karena bulan menghalangi jatuhnya cahaya matahari ke Bumi, Gerhana Bulan adalah saat di mana terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak sampai ke bulan. Kali ini disebut Penumbra karena hanya sebagian cahaya yang tidak sampai, bukan total.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)