SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selesai Gerhana Matahari Total, Indonesia Akan Sambut Gerhana Lainnya

Senin, 21 Maret 2016 19:25 by reinasoebisono | 1787 hits
Selesai Gerhana Matahari Total, Indonesia Akan Sambut Gerhana Lainnya
Image source: Republika

DREAMERS.ID - Usai euforia Gerhana Matahari Total yang terjadi di beberapa daerah Indonesia pada 9 Maret lalu, ternyata fenomena alam belum mau meninggalkan tanah air. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengkonfirmasi jika Indonesia akan mengalami gerhana lainnya.

Bukan matahari, namun Gerhana Bulan Penumbra yang bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia pada Rabu malam, 23 Maret 2016 besok. Gerhana Bulan Penumbra ini mulai terjadi pukul 16.36 dan mencapai puncaknya pada 18.47 dan berakhir pada pukul 20.57 zona WIB.

“Gerhana Bulan Penumbra pada Rabu malam bisa disaksikan di seluruh Indonesia tepat dua minggu setelah Gerhana Matahari Total,” kata Prakirawan BMKG Juanda Taufik Hermawan melansir laman Republika.

Namun ada syaratnya untuk bisa menyaksikan Gerhana Bulan Penumbra ini. Selain harus dilihat secara detail, Gerhana Bulan Penumbra hanya bisa dilihat jika cuaca benar-benar cerah dan tidak berawan.

Baca juga: Ketahui Resikonya, 'Bulan Darah Biru' dan Dua Fenomena Lain Akan Hiasi Langit Indonesia

Jangan khawatir jika ketinggalan melihatnya Rabu besok, karena Gerhana Bulan Penumbra pada tahun ini akan terjadi 3 kali di Indonesia. Gerhana ini akan terjadi pada 23 Maret, 18 Agustus dan 17 September.

Berbeda dengan Gerhana Matahari yang cahayanya tertutup karena bulan menghalangi jatuhnya cahaya matahari ke Bumi, Gerhana Bulan adalah saat di mana terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak sampai ke bulan. Kali ini disebut Penumbra karena hanya sebagian cahaya yang tidak sampai, bukan total.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pelantikan presiden dan wakil presiden Indonesia periode 2019 2024 hanya berselang besok, bahkan tinggal beberapa belas jam lagi. Semaraknya pun digaungkan di media sosial, bernada positif....
  • HOT !
    KPK angkat bicara mengenai unggahan selebriti Mulan Jameela yang kini telah resmi menyandang status Anggota DPR RI Periode 2019 2024. Istri dari musisi Ahmad Dhani itu mengunggah foto yang dinilai erat berkaitan dengan dugaan conflict of interest (COI)....
  • HOT !
    Senin (14/10) kemarin polisi menangkap satu orang terduga teroris di Cirebon, Jawa Barat. Berdasarkan informasi yang diberikan, rencananya pria berinisial YF ini akan meledakkan bom berbahan dasar kimia yang juga mengandung racun....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho - Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)