SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selesai Gerhana Matahari Total, Indonesia Akan Sambut Gerhana Lainnya

Senin, 21 Maret 2016 19:25 by reinasoebisono | 1756 hits
Selesai Gerhana Matahari Total, Indonesia Akan Sambut Gerhana Lainnya
Image source: Republika

DREAMERS.ID - Usai euforia Gerhana Matahari Total yang terjadi di beberapa daerah Indonesia pada 9 Maret lalu, ternyata fenomena alam belum mau meninggalkan tanah air. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengkonfirmasi jika Indonesia akan mengalami gerhana lainnya.

Bukan matahari, namun Gerhana Bulan Penumbra yang bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia pada Rabu malam, 23 Maret 2016 besok. Gerhana Bulan Penumbra ini mulai terjadi pukul 16.36 dan mencapai puncaknya pada 18.47 dan berakhir pada pukul 20.57 zona WIB.

“Gerhana Bulan Penumbra pada Rabu malam bisa disaksikan di seluruh Indonesia tepat dua minggu setelah Gerhana Matahari Total,” kata Prakirawan BMKG Juanda Taufik Hermawan melansir laman Republika.

Namun ada syaratnya untuk bisa menyaksikan Gerhana Bulan Penumbra ini. Selain harus dilihat secara detail, Gerhana Bulan Penumbra hanya bisa dilihat jika cuaca benar-benar cerah dan tidak berawan.

Baca juga: Ketahui Resikonya, 'Bulan Darah Biru' dan Dua Fenomena Lain Akan Hiasi Langit Indonesia

Jangan khawatir jika ketinggalan melihatnya Rabu besok, karena Gerhana Bulan Penumbra pada tahun ini akan terjadi 3 kali di Indonesia. Gerhana ini akan terjadi pada 23 Maret, 18 Agustus dan 17 September.

Berbeda dengan Gerhana Matahari yang cahayanya tertutup karena bulan menghalangi jatuhnya cahaya matahari ke Bumi, Gerhana Bulan adalah saat di mana terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak sampai ke bulan. Kali ini disebut Penumbra karena hanya sebagian cahaya yang tidak sampai, bukan total.

(rei)

  • HOT !
    Semakin banyak kejadian tidak biasa yang dilakukan oleh anak di bawah umur belakangan ini. Kali ini ada anak 15 tahun yang baru lulus SMP berinisial RV menjadi pelaku pembunuhan usai nekat menghabisi nyawa bocah 6 tahun hanya karena dendam kepada ibu korban....
  • HOT !
    Setelah mendapat angin segar dari pertemuan sejuk kedua pemimpin negara Korsel dan Korut yaitu Presiden Moon Jae In dan Kim Jong Un, publik penasaran dengan rencana pertemuan lanjutan Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump....
  • HOT !
    Sebuah video mendadak viral yang memperlihatkan seorang remaja pria berkacamata telanjang dada memegang foto Presiden Jokowi sembari memberikan kata kata bernada mengancam yang hebohkan media sosial....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)