SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Selesai Gerhana Matahari Total, Indonesia Akan Sambut Gerhana Lainnya

Senin, 21 Maret 2016 19:25 by reinasoebisono | 1731 hits
Selesai Gerhana Matahari Total, Indonesia Akan Sambut Gerhana Lainnya
Image source: Republika

DREAMERS.ID - Usai euforia Gerhana Matahari Total yang terjadi di beberapa daerah Indonesia pada 9 Maret lalu, ternyata fenomena alam belum mau meninggalkan tanah air. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengkonfirmasi jika Indonesia akan mengalami gerhana lainnya.

Bukan matahari, namun Gerhana Bulan Penumbra yang bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia pada Rabu malam, 23 Maret 2016 besok. Gerhana Bulan Penumbra ini mulai terjadi pukul 16.36 dan mencapai puncaknya pada 18.47 dan berakhir pada pukul 20.57 zona WIB.

“Gerhana Bulan Penumbra pada Rabu malam bisa disaksikan di seluruh Indonesia tepat dua minggu setelah Gerhana Matahari Total,” kata Prakirawan BMKG Juanda Taufik Hermawan melansir laman Republika.

Namun ada syaratnya untuk bisa menyaksikan Gerhana Bulan Penumbra ini. Selain harus dilihat secara detail, Gerhana Bulan Penumbra hanya bisa dilihat jika cuaca benar-benar cerah dan tidak berawan.

Baca juga: Wah, Ada Misteri Dibalik Sederet Jadwal Rilis MV EXO dengan Konsep Baru 'Eclipse'

Jangan khawatir jika ketinggalan melihatnya Rabu besok, karena Gerhana Bulan Penumbra pada tahun ini akan terjadi 3 kali di Indonesia. Gerhana ini akan terjadi pada 23 Maret, 18 Agustus dan 17 September.

Berbeda dengan Gerhana Matahari yang cahayanya tertutup karena bulan menghalangi jatuhnya cahaya matahari ke Bumi, Gerhana Bulan adalah saat di mana terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak sampai ke bulan. Kali ini disebut Penumbra karena hanya sebagian cahaya yang tidak sampai, bukan total.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)