SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tidur Cukup vs Diet Seimbang, Mana yang Lebih Penting Bagi Kesehatan?

Sabtu, 12 Maret 2016 12:00 by zia92 | 2850 hits
Tidur Cukup vs Diet Seimbang, Mana yang Lebih Penting Bagi Kesehatan?
Image source: flickr.com

DREAMERS.ID - Gaya hidup modern yang penuh aktivitas membuat pikiran mudah stres dan tubuh malas berolahraga, ditambah asupan makanan yang tak sehat semakin menambah resiko penyakit berat di usia muda. Tapi ternyata hal itu dapat dihindari dengan memperhatikan kualitas tidur.

Dilansir dari laman Genius Beauty, setiap orang hampir mengesampingkan kualitas tidur dalam kehidupan sehari-hari. Padahal sebuah studi terbaru melaporkan kalau kualitas tidur yang baik akan memberikan dampak positif bagi kesehatan setiap manusia.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan sekelompok ilmuwan dari Inggris menyimpulkan bahwa hal yang terpenting untuk mendapatkan tubuh sehat adalah kualitas tidur yang cukup.

Para ilmuwan menjelaskan, perlu memperhatikan semua faktor yang mungkin dapat mempengaruhi kesehatan. Namun, masih ada faktor yang lebih penting yakni kualitas tidur yang dipunyai oleh seseorang. “Ini adalah faktor yang cepat berpengaruh terhadap kesehatan dibanding diet seimbang,” ungkap peneliti.

Baca juga: Peringati Hari Tidur Sedunia, Penelitian Ungkap Orang Semakin Kurang Tidur

Pasalnya, tidur mempengaruhi metabolisme dalam tubuh. Tidak adanya tidur yang optimal pada akhirnya akan mengarah pada obesitas bahkan jika kamu memiliki diet yang benar-benar tepat sekalipun.

Kebiasaan tidur yang buruk juga membuat kerusakan pada regulasi metabolisme tubuh. Menurut penelitian baru dari Belanda, para peneliti menemukan bahwa dengan hanya tidur empat jam dalam sehari, kadar insulin pada tubuh turun hingga 25 persen. Resistensi insulin dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Tidur terlalu sedikit  atau terlalu banyak juga akan menimbulkan timbunan lemak pada perut pada mereka yang berusia di bawah 40 tahun. Waktu tidur yang kurang dari lima jam atau lebih dari delapan jam dapat menyebabkan akumulasi lemak perut yang lebih besar atau visceral lemak.

Jadi dengan memiliki waktu tidur yang cukup dan bekualitas, metabolisme tubuh juga akan menjadi lebih baik. Hal ini sangat penting untuk tubuh dalam mencerna segala nutris yang didapat dari makanan yang dikonsumsi.

  • HOT !
    Salah satu jalur favorit para pemudik setiap tahunnya di libur Lebaran adalah jalur Pantai Utara Jawa atau Jalur Pantura. Namun pada musim mudik tahun ini, para pemudik yang melintasi ruas jalur Pantura diminta ekstra waspada....
  • HOT !
    Sempat memilih untuk menutup mulut di kedatangannya ke Istana Kepresidenan Bogor untuk menemui Presiden Jokowi pada Rabu (22/5) pagi hari ini, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akhirnya memberikan jawaban terkait alasan kedatangan dan hasil pertemuannya....
  • HOT !
    Prabowo Subianto telah memberikan pernyataan terkait pengumuman hasil rekapitulasi nasional Pemilu 2019 oleh KPU. Pihaknya menyatakan menolak hasil Pilpres 2019 dan beserta pasangannya, Sandiaga Uno, akan menempuh langkah hukum sesuai onstitusi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)