home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Penampakan Bus Asal Swedia yang Akan Gantikan Metro Mini di Jalanan Ibu Kota

Jumat, 11 Maret 2016 17:00 by fzhchyn | 2456 hits
Ini Penampakan Bus Asal Swedia yang Akan Gantikan Metro Mini di Jalanan Ibu Kota
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Setelah sebelumnya diberitakan bahwa pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengganti angkutan umum Metro Mini dengan bus baru sebanyak 500 unit, kini penampakan bus tersebut terlihat saat melakukan test drive di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (11/3).

Selain metro mini, pemerintah juga berencana mengganti bus tanggung lainnya seperti Kopaja dan Kopami dengan bus asal Swedia, Scania Low Entry City Bus tersebut. Bus pengganti ini akan berada dibawah TransJakarta. Pemprov DKI Jakarta akan menugaskan TransJakarta ke seluruh rute.


Image source: Merdeka

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok mengatakan bus Scania dirancang agar para penumpang lebih nyaman. Sehingga itu lebih menguntungkan pengguna angkutan umum. "Bentuk kursinya sudah seperti bus wisata. Dia juga lebih besar dari pada bus biasa," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (11/3).


Image source: Merdeka

Menurut Ahok, selama ini pelayanan bus di Jakarta tidak terlalu memperhatikan penyandang disabilitas. Menurutnya, bus Scania dapat mempermudah para penyandang yang ingin berpergian di Jakarta dengan menggunakan trasportasi umum karena bus ini dilengkapi elevator untuk memudahkan kaum disabilitas dan manula. Dengan elevator, pengguna kursi roda mudah menaiki bus.

Baca juga: Ancaman Hukuman Sopir Metro Mini yang Hantam Driver Go-Jek Picu Kemarahan Netizen

Ahok memilih merk Scania karena salah satu merk terkenal. Menurut Ahok, kecenderungannya negara-negara maju beralih ke bus dengan merk yang populer. "Saya tidak ingin beresiko, beli bus yang merk gak jelas. Australia pakai apa? Eropa pakai apa? Di Tingkok pakai apa juga? Yang umum yang top, seperti di Singapura, jadi bisa Scania, bisa Mercedes, Eolvo, ya kita maunya itu," katanya.

Sementara itu, kapan waktu bus pengganti tersebut akan mulai mengaspal di jalanan ibu kota masih belum bisa dipastikan.

(fzh/cnn/merdeka)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)