SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk Lihat Lagi Fenomena Gerhana Matahari Total dari Langit Belitung Sampai Ternate

Kamis, 10 Maret 2016 12:15 by zia92 | 1133 hits
Yuk Lihat Lagi Fenomena Gerhana Matahari Total dari Langit Belitung Sampai Ternate
Image source: AFP

DREAMERS.ID - Gerhana Matahari Total (GMT) yang terjadi Rabu (9/3) kemarin masih menjadi perbincangan yang menarik bagi para pecinta astronomi, baik ilmuwan maupun orang biasa. Warga Indonesia yang menyaksikan langsung pun sepertinya belum bisa move on dari momen langka tersebut.

Saking langkanya, femonema GMT ini kemungkinan baru akan terjadi lagi pada 350 tahun mendatang. Tak heran jika ribuan warga sangat antusias menyambutnya dengan mendatangi planetarium, observatorium atau langsung pergi ke alam terbuka.

Di Jakarta sendiri, meski gerhana tidak terjadi secara sempurna atau total, tapi warga masih bisa menyaksikan gerhana matahari parsial atau sebagian. Sejak pukul 06:19 WIB proses terjadinya gerhana sudah dimulai, dan puncaknya adalah pada pukul 07:22 WIB saat matahari dan bulan berada di garis yang sejajar dan terjadilah gerhana matahari total.

Baca juga: Tak Kalah dengan Amerika, Ini Tanggal Gerhana Matahari 'Hadir' di Wilayah Indonesia

Tak hanya warga lokal, fenomena langka ini juga manarik banyak wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia, khususnya di daerah-daerah yang dilewati GMT seperti Belitung, Palembang, hingga Ternate.

Bagi yang tidak bisa menyaksikan GMT secara langsung, pada Rabu kemarin banyak stasiun TV yang menayangkan proses terjadinya gerhana dari berbagai daerah. Nah bagi yang ketinggalan atau ingin menyaksikan lagi, yuk simak video berikut.

(fzh)

  • HOT !
    Setelah pembatalan sepihak dari Amerika Serikat soal pertemuan Presiden Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi, Kim Jong Un dari Korea Utara kembali bertemu dengna Presiden Korea Selatan, Moon Jae In....
  • HOT !
    Remaja pelaku video yang mengancam akan menembak Presiden Jokowi yang berinisial RJT alias S (16) bersama ayahnya telah membuat video permintaan maaf. Namun kabar terakhir mengatakan ia tetap diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku....
  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)