SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gerhana Matahari Total, 10 Ribu Orang Ikuti Shalat Gerhana Matahari

Rabu, 09 Maret 2016 08:28 by Dits | 1379 hits
Gerhana Matahari Total, 10 Ribu Orang Ikuti Shalat Gerhana Matahari
image source: salmanitb.c

DREAMERS.ID - Bengkulu akan jadi provinsi pertama di Indonesia yang menyambut Gerhana Matahari Total hari ini (9/3). Warga akan menyambut GMT dengan menggelar shalat gerhana matahari yang diperkirakan akan diikuti sekitar 10.000 orang.

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan mengatakan, seluruh pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu beserta masyarakat ikut menjadi jemaah shalat gerhana di Masjid Agung Akbar At-Taqwa Bengkulu.

"Kegiatan ini akan dimulai dari subuh hari," kata Helmi, di Bengkulu, Selasa (8/3).

Rangkaian shalat gerhana akan dimulai dari shalat subuh berjamaah. Setelah Shalat Subuh dilanjutkan dengan zikir bersama dan saat tepat berlangsungnya gerhana matahari total (GMT), baru dilaksanakan shalat gerhana.

"Ini bentuk kebesaran Allah. Karena itu kita saat gerhana kita berzikir untuk mengingat Allah," katanya.

Gerhana matahari total tidak terjadi setiap tahun karena akan berulang dalam waktu dalam hitungan puluhan tahun. Karena itu kejadian ini perlu menjadi iktibar.

Baca juga: Tak Kalah dengan Amerika, Ini Tanggal Gerhana Matahari 'Hadir' di Wilayah Indonesia

"Pasti ada makna dari setiap kejadian alam, tergantung kita menelaahnya," katanya.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Bengkulu, Rusdi Syam menjelaskan, tata cara pelaksanaan shalat gerhana bagi masyarakat yang akan ikut melaksanakannya.

"Shalatnya seperti shalat biasa, bacaannya sama, tetapi tata cara shalatnya sedikit berbeda," katanya.

Pada salat gerhana, setiap rakaatnya memiliki dua kali rukuk dan dilaksanakan sebanyak dua rakaat bertepatan saat terjadinya gerhana.

"Jadi setelah rukuk kembali berdiri, membaca ayat yang panjang, dilanjutkan rukuk kembali, baru sujud. Hal yang sama juga dilakukan pada rakaat kedua," ujarnya.

MUI juga mengimbau seluruh masjid yang ada di Kota Bengkulu untuk menggelar shalat gerhana pada Rabu 9 Maret 2016. 

Source:
Komentar
  • HOT !
    Menteri Agama Lukman Hakim sempat disoraki oleh sebagian massa Aksi Bela Palestina sebelum dirinya melakukan orasi. Namun saat ditanya apa yang menyebabkan massa melakukan hal tersebut, Lukman mengaku tidak tahu dan merasa biasa saja....
  • HOT !
     Natal segera tiba sebagai hari Raya umat Kristinani yang memperingati hari lahir Yesus. Namun momen tersebut pun tidak lepas dari sosok Bunda Maria. Seperti yang dilakukan seorang seniman asal Kebumen, Jawa Tengah bernama Eddy Ruswanto....
  • HOT !
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberi klarifikasi jika salah satu program andalannya, yaitu OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) tidak pernah berjanji memberikan modal....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)