SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gerhana Matahari Total, 10 Ribu Orang Ikuti Shalat Gerhana Matahari

Rabu, 09 Maret 2016 08:28 by Dits | 1444 hits
Gerhana Matahari Total, 10 Ribu Orang Ikuti Shalat Gerhana Matahari
image source: salmanitb.c

DREAMERS.ID - Bengkulu akan jadi provinsi pertama di Indonesia yang menyambut Gerhana Matahari Total hari ini (9/3). Warga akan menyambut GMT dengan menggelar shalat gerhana matahari yang diperkirakan akan diikuti sekitar 10.000 orang.

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan mengatakan, seluruh pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu beserta masyarakat ikut menjadi jemaah shalat gerhana di Masjid Agung Akbar At-Taqwa Bengkulu.

"Kegiatan ini akan dimulai dari subuh hari," kata Helmi, di Bengkulu, Selasa (8/3).

Rangkaian shalat gerhana akan dimulai dari shalat subuh berjamaah. Setelah Shalat Subuh dilanjutkan dengan zikir bersama dan saat tepat berlangsungnya gerhana matahari total (GMT), baru dilaksanakan shalat gerhana.

"Ini bentuk kebesaran Allah. Karena itu kita saat gerhana kita berzikir untuk mengingat Allah," katanya.

Gerhana matahari total tidak terjadi setiap tahun karena akan berulang dalam waktu dalam hitungan puluhan tahun. Karena itu kejadian ini perlu menjadi iktibar.

Baca juga: Tak Kalah dengan Amerika, Ini Tanggal Gerhana Matahari 'Hadir' di Wilayah Indonesia

"Pasti ada makna dari setiap kejadian alam, tergantung kita menelaahnya," katanya.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Bengkulu, Rusdi Syam menjelaskan, tata cara pelaksanaan shalat gerhana bagi masyarakat yang akan ikut melaksanakannya.

"Shalatnya seperti shalat biasa, bacaannya sama, tetapi tata cara shalatnya sedikit berbeda," katanya.

Pada salat gerhana, setiap rakaatnya memiliki dua kali rukuk dan dilaksanakan sebanyak dua rakaat bertepatan saat terjadinya gerhana.

"Jadi setelah rukuk kembali berdiri, membaca ayat yang panjang, dilanjutkan rukuk kembali, baru sujud. Hal yang sama juga dilakukan pada rakaat kedua," ujarnya.

MUI juga mengimbau seluruh masjid yang ada di Kota Bengkulu untuk menggelar shalat gerhana pada Rabu 9 Maret 2016. 

Source:
Komentar
  • HOT !
    Korea Utara merilis serangkaian foto pada hari Rabu 16 Oktober 2019 yang memperlihatkan pemimpin Kim Jong Un tengah menunggangi seekor kuda putih di Gunung Paektu. Fyi, Gunung Paektu adalah puncak tertinggi di Semenanjung Korea dan menjadi tempat sakral bagi masyarakat Korut....
  • HOT !
    Jelang pelantikan presiden wakil presiden 20 Oktober mendatang, Kementerian Sekretariat Negara atau Kemensetneg menerbitkan foto resmi Presiden Terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden Terpilih Ma’ruf Amin....
  • HOT !
    Sistem tilang berbasis teknologi elektronik sudah mulai digunakan di beberapa kota besar Indonesia. Fungsi Electronic Traffic Law Enforcment (E TLE) sendiri untuk menilang kendaraan yang dinilai melakukan pelanggaran....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho - Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)