SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Jejak Tangan di Gua Berusia 8.000 Tahun, Peneliti Ungkap Itu Bukan Manusia

Jumat, 04 Maret 2016 16:50 by zia92 | 1497 hits
Ada Jejak Tangan di Gua Berusia 8.000 Tahun, Peneliti Ungkap Itu Bukan Manusia
Image source: Emmanuelle

DREAMERS.ID - Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 13 jejak tangan mungil di sebuah gua di Gurun Sahara mengungkapn sebuah bukti yang cukup mengejutkan. Para peneliti mengklaim bahwa jejak tersebut bukan berasal dari manusia.

Awalnya, seorang penjelajah amatir secara tak sengaja menemukan ‘Cave of Beats’ itu pada tahun 2002 di sebuah padang pasir yang luas dekat perbatasan barat daya Mesir dengan Libia. Gua yang juga dikenal sebagai Wadi Sura II itu memiliki sekitar 5.000 gambar yang digambar atau diukir sekitar 8.000 tahun yang lalu.

Di antara ambar-gambar tersebut, ada banyak jejak yang diyakini sebagai jejak kaki dan tangan anak-anak manusia. Namun penelitian terbaru menyatakan bahwa jejak tersebut kemungkinan dibuat oleh kadal, seperti melansir Daily Mail.


Image source: Emmanuelle Honoré/dailymail.co.uk

Seorang antropolog bernama Emmanuelle Honoré dari McDonald Institute for Archaeological Research mengungkapkan kekagetannya saat melihat cetakan yang sangat kecil. “Mereka jauh lebih kecil dari tangan bayi, dan jari-jarinya terllau panjang,” katanya kepada National Geographic.

Untuk menyimpulkan penelitiannya, Honoré membandingkan ukuran jejak yang ada di dua dengan tangan bayi manusia yang baru lahir sekitar 37-41 minggu dan juga ukurang tangan bayi prematur yang baru lahir dengan usia 26-36 minggu.

Dari situ, Honoré menemukan bahwa ada ‘probabilitas yang sangat rendah’ kalau jejak tangan di ‘Cave of Beats’ tersebut buatan manusia. Dirinya meyakini kalau jejak-jejak tersebut dibuat oleh kaki kadal gurun, atau mungkin buaya kecil. Jika analisanya tepat, maka ini adalah pertama kalinya ditemukan jejak hewan di gurun Sahara.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)