SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bermodal Rp 1,4 Triliun, Jepang Bangun Pulau di Samudra Pasifik

Kamis, 04 Februari 2016 10:30 by zia92 | 2052 hits
Bermodal Rp 1,4 Triliun, Jepang Bangun Pulau di Samudra Pasifik
Image source: japantimes.

DREAMERS.ID - Setelah berebut dengan Cina, Jepang akhirnya kembali membangun pulau kecil di Samudra Pasifik. Pulau tersebut diperluas dari awalnya sebuah atol (pulau berbentuk koral) dengan bekal biaya 107 juta dolar atau sekitar 1,4 triliun rupiah.

Melansir laman Merdeka, Koran South China Morning Post mengatakan bahwa rencana pembangunan struktur buatan di atol tersebut mencapai 30 meter persegi.


Image source: time.com

Pulau bernama Okinotorishima ini berada sekitar 100 mil dari selatan Tokyo, tepatnya di Laut Filipina. Okinotorishima sebenarnya merupakan pulau kecil kaya terumbu karang dan beberapa tanggul buatan, seperti dilaporkan Times, Rabu (3/2).

Pulau ini berada di ujung Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), jauh di dalam Samudera Pasifik. Dengan dana triliunan, Jepang bakal membuat dermaga dalam air dan sebuah mercusuar. Jalanan pulau itu nantinya akan dibangun dari karang alami.

Jepang merupakan negara terakhir yang ikut mengklaim teritorial maritim Asia. Klaim tersebut makin meningkatkan ketegangan yang ada di kawasan.

Sementara itu, Cina, yang merupakan rival Jepang memperburuk keadaan dengan membuat Pulau Spratly. Pulau buatan Cina ini dibangun di kawasan Laut Cina Selatan yang diklaim milik Vietnam, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....
  • HOT !
    Secara mengejutkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan memberi pernyataan jika keputusan Amerika menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah melalui konsultasi dengan Indonesia. Tak butuh waktu lama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung bereaksi, begitu juga dengan Presiden Jokowi. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)