SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pendiri Akui Seorang Gay, Jasa Konseling LGBT Rambah UI dan UIN Jakarta

Sabtu, 23 Januari 2016 09:08 by reinasoebisono | 4577 hits
Pendiri Akui Seorang Gay, Jasa Konseling LGBT Rambah UI dan UIN Jakarta
Image source: Republika

DREAMERS.ID - Belakangan kehadiran jasa konseling untuk kaum lesbian, gay, biseksual dan transgender atau biasa disingkat LGBT sedang ramai diperbincangkan. Jasa konseling yang mengaku berbasis dan beranggotakan akademisi Universitas Indonesia ini bernama SGRC-UI.

Kelompok yang memiliki nama lengkap Support Group Resource Center on Sexuality Studies – Universitas Indonesia ini dituding menyebarkan paham dan doktrin kaun LGBT di Indonesia. Selain di UI, sebuah poster digital pun beredar di media sosial yang memperlihatkan kelompok tersebut mengadakan acara konseling di Universitas Islam Negeri Jakarta.


Image source: Republika

Pihak UI pun memberikan respon kuat atas hal ini dengan melarang kelompok yang mengatasnamakan SGRC itu menyertakan logo UI dalam tiap aktivitasnya. Namun dari pihak SGRC sendiri mengklarifikasi jika kelompok mereka dibangun secara otonom seperti kelompok kajian lainnya.

"Anggapan tersebut sangat tidak tepat. Dalam konseling, tanggung jawab konselor bukanlah untuk mendoktrin pihak yang menjalani konseling. Tugas konselor adalah membantu mereka dalam proses menemukan solusi masalah yang dirasa oleh mereka sendiri paling baik dan sesuai dengan hati nurani. SGRC-UI meyakini bahwa seksualitas merupakan hak individu, dan tugas kami hanya memberikan pengetahuan terkait isu tersebut,” ungkap SGRC-UI dalam pernyataannya.


Poster jasa konseling LGBT SGRC-UI (Republika)

Baca juga: Platform Komunitas Terpopuler Kaskus Kembali Hadirkan 'MARKAS 2018'

Selain itu, pendiri dan anggota SGRC-UI diklaim terdiri dari mahasiswa, alumni hingga dosen dari Universitas Indonesia, karena itu pihak mereka menggunakan UI di dalam nama komunitasnya.

Sementara itu, pendiri SGRC yang wajah dan namanya terpampang di poster penawaran konseling LGBT, Firmansyah belum lama ini mengakui jika dirinya seorang gay  melalui website melela.org.

"Menjadi seorang gay di negara dengan tingkat Human Development Index (HDI) di bawah rata-rata dunia merupakan hal yang sangat melelahkan bagi saya,” ungkap Firmansyah.

(rei)

  • HOT !
     Euforia mudik diprediksi mulai lebih awal karena libur dan cuti bersama dari pemerintah yang juga sudah ditetapkan dari beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Dan sudah jadi tradisi jika mudik identik dengan kemacetan....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
  • HOT !
    Seorang anak perempuan yang masih duduk di bangku SMP tewas karena diduga nekat bunuh diri dengan lompat dari lantai 33 Apartemen Taman Rasuna, Setiabudi, Jakarta Selatan. Kronologi awal, ternyata siswi berusia 14 tahun berinisial AL itu tidak dapat ditemukan oleh ibunya....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)