SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berdiri 12 Tahun, Patung Jenderal Soedirman di Purbalingga Tumbang

Senin, 04 Januari 2016 10:19 by zia92 | 2249 hits
Berdiri 12 Tahun, Patung Jenderal Soedirman di Purbalingga Tumbang
Image source: newsth.com

DREAMERS.ID - Patung Panglima Besar Jenderal Soedirman yang dibangun 2004 dan terletak di perempatan Terminal Bus Purbalingga, Jawa Tengah, roboh pada Minggu (3/1) kemarin. Seperti dilansir Antara, saksi mata Budi Suharso menuturkan bahwa peristiwa itu terjadi sekitar pukul 09.30 WIB.

"Tidak ada angin, tidak ada apa-apa, tiba-tiba saja jatuh ke arah barat dan sempat menutup jalan. Beruntung tidak menimpa pengendara sepeda motor yang lewat karena saat itu pas lampu merah. Kalau tidak lampu merah, pasti ada yang kena," katanya.


Image source: wordpress.com

Patung tersebut menghadap ke arah selatan, berposisi berdiri dan berjubah. Kaki sebelah kanannya, terangkat dan diletakkan di atas batu. Sedangkan, tangan kiri memegang teropong dan tangan kanan memegang tongkat.


Image source: Merdeka

Patung itu terputus di bagian kepala. Ketinggian patung mencapai 10,4 meter, termasuk pondasi pijakan. Patung itu dibuat dari fiberglass sehingga menjadi keropos akibat sering terkena panas dan diguyur hujan. Kala itu, anggaran pembangunan patung itu mencapai Rp 270 juta diambil dari APBD perubahan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Purbalingga Sigit Subroto mengatakan pihaknya telah mengevakuasi patung yang roboh itu ke Kantor DPU Purbalingga. "Kebetulan saya masih di luar kota. Namun, berdasarkan laporan, telah terjadi kerusakan atau pengeroposan di kaki patung sehingga akhirnya roboh karena getaran-getaran kendaraan," katanya.

(fzh)

Source:
Komentar
  • HOT !
    Sejak peristiwa terbunuhnya kakak tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong un yakni Kim Jong nam terungkap di Malaysia pada Senin lalu, perhatian dunia lantas tertuju pada aktivitas intelijen Korea Utara yang berada di Asia Tenggara....
  • HOT !
    Kasus pembunuhan kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yaitu Kim Jong Nam memang mendapat perhatian dunia internasional. Karena selain diduga dalangnya adalah Korea Utara yang notabene adik sendiri, pelakunya bersifat multinasional alias berasal dari beberapa negara, salah satunya Indonesia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Monie47
Cast : All Member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)