home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cumi-Cumi Raksasa Yang Tersasar di Pelabuhan Jepang 'Diantar' Pulang

Kamis, 31 Desember 2015 23:00 by reinasoebisono | 2047 hits
Cumi-Cumi Raksasa Yang Tersasar di Pelabuhan Jepang 'Diantar' Pulang
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Seekor cumi-cumi raksasa yang sangat langka tiba-tiba muncul di perairan dangkal dekat Pelabuhan Kota Toyama, Jepang. Hewan dari laut dalam itu berputar-putar selama sepekan terakhir di sekitar pelabuhan, sehingga momen langka itu dimanfaatkan para peneliti untuk mempelajari struktur tubuhnya.

Cumi-cumi raksasa ini memiliki panjang empat meter, dengan bobot lebih dari setengah ton. Seorang nelayan di Toyama tak sengaja menemukannya berenang di dekat kapal pada 24 Desember lalu.


Image source: Daily Mail

Kantor berita AFP melaporkan, Kamis (31/12), cumi-cumi ini tak bisa terus dibiarkan berada di perairan dangkal. Akhirnya pemerintah setempat mengutus seorang penyelam untuk mengantarkannya kembali ke laut dalam.

"Hewan itu sempat tidak mau lepas dari lengan saya, daya isap tentakelnya kuat sekali" kata Akinobu Kimura, penyelam yang mengantar sang cumi-cumi ke habitatnya.

Bangkai cumi-cumi raksasa sering ditemukan di Jepang. Masalahnya, merekam aktivitasnya ketika masih hidup nyaris mustahil dilakukan. Cumi-cumi jenis Architeuthis ini adalah bagian dari dunia laut dalam yang sangat sedikit dijelajahi manusia, sehingga pengetahuan tentangnya minim.


Seorang penyelam mendekati cumi-cumi raksasa (geek.com)

Rekor cumi-cumia terbesar sedunia mencapai panjang 13 meter dan bobot satu ton, yang tertangkap 2007 lalu di Selandia Baru.

"Ternyata tubuh cumi-cumi raksasa sangat indah ketika berenang, kulitnya berpendar kemerah-merahan," kata salah satu petugas Konservasi Laut Uozu yang mendokumentasikan aktivitas hewan itu selama tersesat di dekat pantai.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)