SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cumi-Cumi Raksasa Yang Tersasar di Pelabuhan Jepang 'Diantar' Pulang

Kamis, 31 Desember 2015 23:00 by reinasoebisono | 1803 hits
Cumi-Cumi Raksasa Yang Tersasar di Pelabuhan Jepang 'Diantar' Pulang
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Seekor cumi-cumi raksasa yang sangat langka tiba-tiba muncul di perairan dangkal dekat Pelabuhan Kota Toyama, Jepang. Hewan dari laut dalam itu berputar-putar selama sepekan terakhir di sekitar pelabuhan, sehingga momen langka itu dimanfaatkan para peneliti untuk mempelajari struktur tubuhnya.

Cumi-cumi raksasa ini memiliki panjang empat meter, dengan bobot lebih dari setengah ton. Seorang nelayan di Toyama tak sengaja menemukannya berenang di dekat kapal pada 24 Desember lalu.


Image source: Daily Mail

Kantor berita AFP melaporkan, Kamis (31/12), cumi-cumi ini tak bisa terus dibiarkan berada di perairan dangkal. Akhirnya pemerintah setempat mengutus seorang penyelam untuk mengantarkannya kembali ke laut dalam.

"Hewan itu sempat tidak mau lepas dari lengan saya, daya isap tentakelnya kuat sekali" kata Akinobu Kimura, penyelam yang mengantar sang cumi-cumi ke habitatnya.

Bangkai cumi-cumi raksasa sering ditemukan di Jepang. Masalahnya, merekam aktivitasnya ketika masih hidup nyaris mustahil dilakukan. Cumi-cumi jenis Architeuthis ini adalah bagian dari dunia laut dalam yang sangat sedikit dijelajahi manusia, sehingga pengetahuan tentangnya minim.


Seorang penyelam mendekati cumi-cumi raksasa (geek.com)

Rekor cumi-cumia terbesar sedunia mencapai panjang 13 meter dan bobot satu ton, yang tertangkap 2007 lalu di Selandia Baru.

"Ternyata tubuh cumi-cumi raksasa sangat indah ketika berenang, kulitnya berpendar kemerah-merahan," kata salah satu petugas Konservasi Laut Uozu yang mendokumentasikan aktivitas hewan itu selama tersesat di dekat pantai.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Seorang seleb media sosial semacam Instagram, Yong Ning terpaksa harus mengakhiri aksi aksi berbahayanya. Pria asal China tersebut diketahui tewas mengenaskan setelah melakukan aksi maut saat hendak mengambil gambar dari gedung tinggi....
  • HOT !
    Ritual yang dilakukan kepala negara sebelum mengambil keputusan penting biasanya berupa rapat darurat, konsultasi atau hal lainnya sehubungan konsep strategis yang akan diambil. Namun berbeda dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un yang dikabarkan justru selalu mendaki gunung....
  • HOT !
    Telah terjadi kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan roda empat di Tol Cawang KM 00, Jakarta Timur sekitar pukul 04.20.  Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagara menyampaikan ada 13 korban karena kecelakaan maut tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)