home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Buat Piramida dari 70 Ribu Buku, Malaysia Pecahkan Rekor Dunia

Selasa, 29 Desember 2015 18:35 by zia92 | 1300 hits
Buat Piramida dari 70 Ribu Buku, Malaysia Pecahkan Rekor Dunia
Image source: themalaysia

DREAMERS.ID - Perpustakaan Negara Bagian Perak dan perusahaan Imagika Sdn Bdh berhasil membangun tumpukan 70.247 buku untuk membentuk bangunan piramida dan menjadikan Malaysia sebagai pemegang rekor dunia piramida buku yang sebelumnya dipegang Luxemburg.

Direktur perpustakaan Nur Aini Muhd Nurdin mengatakan mereka mulai membangun piramida buku itu sejak Agustus lalu. "Kami menyebarkan selebaran dan pamflet untuk meminta warga menyumbangkan buku. Kami mendapat sekitar 20 ribu buku dari warga dan penerbit. Kebanyakan buku-buku ini berasal dari koleksi perpustakaan kami," kata Nur Aini, seperti dilansir situs The Star pada Minggu (27/12).


Image source: thestar.com.my

"Semua orang kelelahan setelah menyusun buku-buku ini," ujar Nur Aini. Sebanyak 40 relawan dan pustakawan ikut membantu membangun piramida buku ini. Dia juga menuturkan bahwa buku-buku di piramida ini akan dibagikan kepada para yatim, rumah jompo, dan berbagai institusi lain.


Image source: bestfbkl.blogspot.com

Pengawas Guinness World Records Anna Orford mengatakan bangunan piramida buku itu harus kokoh. "Kalau roboh maka rekor itu tidak akan diberikan kepada mereka," kata Orford.

Menurut dia rekor bangunan piramida buku ini sudah dipecahkan sebanyak empat kali. Malaysia menjadi negara kelima yang memecahkan rekor ini. "Awalnya di India dengan 10 ribu buku. Sejak itu jumlah buku yang dipakai selalu meningkat dua kali lipat."

Komentar
  • HOT !
    Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi pada Senin (10/8) pagi. Erupsi ini dilaporkan membuat seluruh kota Berastagi gelap karena abu vulkanik pekat yang dimuntahkannya....
  • HOT !
    Tepat pada 6 Agustus 1945, atau 75 tahun yang lalu Amerika Serikat menjatuhkan bom nuklir di kota Hiroshima, Jepang. Tiga hari kemudian, pada 9 Agustus Amerika kembali menjatuhkan bom nuklir di Nagasaki....
  • HOT !
    I Gede Ari Astina atau yang lebih dikenal dengan Jerinx SID dilaporkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bali karena postingan di media sosial yang menyebut IDI sebagai kacung WHO (World Helath Organization)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indeenski
Cast : Baekhyun, Chanyeol, Irene

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)