SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Polusi Makin Parah, Restoran di Cina Ini Sampai Jual Udara Bersih

Rabu, 16 Desember 2015 16:44 by zia92 | 1782 hits
Polusi Makin Parah, Restoran di Cina Ini Sampai Jual Udara Bersih
Image source: AP

DREAMERS.ID - Bukan rahasia lagi jika Cina memiliki kualitas udara terburuk di dunia. Konsumsi batu bara industri dan rumah tangga dikatakan sebagai penyebab polusi udara di Negeri Tirai Bambu ini. Tingkat polusi disinyalir melebihi 976 mikrogram per meter kubik partikulat di udara. Padahal batas aman adalah 75 mikrogram.

Saking buruknya kualitas udara di Cina, ada sebuah restoran di kota Zhangjiagang, provinsi Jiangsu, yang menambahkan biaya tambahan pada tagihan pelanggan yang makan di sana. Biaya tambahan ini digunakan untuk membayar kerja mesin penyaring udara baru di restoran tersebut.

Melansir laman Metro, South China Morning Post melaporkan bahwa para pelanggan yang bersantap di restoran tersebut menemukan biaya tambahan untuk udara bersih itu ada di akhir bill atau tagihan makanan yang mereka terima.


Image source: popherald.com

Untuk satu pelanggan, biaya udara bersih ini dikenakan satu yuan atau sekitar 2.000 rupiah saja, yang secara otomatis ditambahkan ke tagihan makanan mereka. Meskibegitu, kantor berita Xinhua tidak memberikan identitas restoran tersebut.

Baca juga: Bukan Pola Hidup, Hal Inilah Penyebab Kematian Terbesar di Dunia

Mengetahui adanya biaya tambahan untuk udara bersih di restoran ini, para pengunjung mengeluhkannya pada pemerintah lokal. Tapi berbeda dengan mereka, netizen atau pengguna internet justru menyambut baik hal itu. Mereka mengatakan bahwa akan dengan senang hati membayar satu yuan jika itu bisa membuat mereka bernapas dengan lega.

Salah satu netizen menulis dalam akun Weibo-nya, “Tidak ada yang salah dengan biaya tambahan ini. Lingkungan makan seperti ini dapat memutuskan harganya.”

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)