SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mulai Tahun Depan, Tiga Jenis SIM C Akan Diberlakukan

Jumat, 04 Desember 2015 13:39 by zia92 | 2899 hits
Mulai Tahun Depan, Tiga Jenis SIM C Akan Diberlakukan
Image source: elshinta.co

DREAMERS.ID - Pada bulan Mei lalu, sempat ada wacana mengenai pembagian golongan pada Surat Izin Mengemudi (SIM) C yang digulirkan pihak Korps Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri. Rupanya hal tersebut tengah diseriusi.

Saat ini, SIM C yang dimiliki pengguna kendaraan berlaku untuk seluruh jenis sepeda motor yang ada di pasaran. Tapi nanti, biker atau pengendara yang ingin memiliki SIM C akan digolongkan berdasarkan sepeda motor tertentu yang digunakan, seperti yang sudah diterapkan oleh negara-negara maju lainnya.

Kombes Pol Unggul Sedyantoro, Analis Kebijakan Madya Bidang Dikmas Korlantas Polri menjelaskan, peraturan tersebut sampai saat ini masih dalam tahap pengkajian. Tapi ditargetkan April 2016 mendatang sudah bisa diimplementasikan di Indonesia.

“Sekarang kita sedang proses untuk menyiapkan infrastruktur, sarana serta prasarananya. Target kita triwulan 2016 atau paling telat April 2016,” kata Unggul pada Kamis (03/12) mengutip laman Kompas.

SIM C nantinya akan terbagi menjadi tiga golongan, yaitu C, C1, dan C2. Penggolongan ini didasarkan pada kapasitas mesin. Untuk mesin di bawah 250 cc masuk dalam golongan SIM C, mesin 250 cc sampai 500 cc masuk golongan C1, dan C2 khusus di atas 500 cc.

Unggul menuturkan, setelah peraturan ini berlaku maka pengendara sepeda motor yang belum memiliki SIM akan diuji berdasarkan motor yang dimiliki. Bahkan, biaya masing-masing kategori SIM-nya juga akan berbeda. “Peraturan ini diberlakukan secara nasional. Biayanya berapa belum tahu, tapi yang pasti biayanya menyesuaikan dengan permohonan SIM,” ujarnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)