SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kementrian Agama Rilis Al-Quran Dengan Terjemahan 9 Bahasa Daerah

Kamis, 03 Desember 2015 19:02 by reinasoebisono | 1531 hits
Kementrian Agama Rilis Al-Quran Dengan Terjemahan 9 Bahasa Daerah
Image source: republika.c

DREAMERS.ID - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meluncurkan Al-Quran terjemahan dalam bahasa daerah dan Kamus Istilah Keagamaan. Al-Quran ini sudah diterjemahkan ke dalam sembilan bahasa daerah.

"Diharapkan dengan adanya peluncuran Alquran terjemahan ini masyarakat di daerah yang masih menggunakan bahasa daerah dapat memahami isi Al-Quran sama dengan yang lain," ujar Lukman melansir Republika.

Tahap pertama, perilisan Al-Quran ini mencakup terjemahan dalam 3 bahasa, yaitu Minang, Jawa dialek Banyumas Dayak. Tujuan diterbitkannya Al-Quran terjemahan bahasa daerah ini ditargetkan untuk masyarakat yang memang tidak menggunakan bahasa Indonesia untuk kehidupan sehari-hari.

Selain memudahkan masyarakat berbahasa lokal, Al-Quran terjemahan ini diharapkan bisa ikut melestarikan bahasa daerah yang nyaris punah. Sebagai bentuk pencerdasan yang bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Pembuat Terompet Bersampul Alquran di Kupang Tertangkap, Bahan Baku Berasal dari Lamongan

Selain Al-Quran terjemahan bahasa daerah, Menag juga meluncurkan Kamus Istilah Keagamaan  yang berisi istilah-istilah dari 6 agama di Indonesia yaitu Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha dan Konghucu.

Kamus ini berisi 9.000 kata atau istilah agama yang bertujuan untuk meminimalisir kesalahpahaman atau salah interpretasi arti yang sering memicu perdebatan panjang.

(rei)

  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
  • HOT !
    Penyebaran konten digital kini harus lebih diperhatikan, karena jika terlalu sensitif bisa berakibat protes keras dari publik. Seperti yang dialami oleh seorang anggota DPRD Karawang bernama Hitler Nababan pada Selasa (22/5) ini....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)