SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow! Arab Saudi Punya Gedung Tertinggi di Dunia Hingga Tembus Awan

Rabu, 02 Desember 2015 16:09 by zia92 | 1925 hits
Wow! Arab Saudi Punya Gedung Tertinggi di Dunia Hingga Tembus Awan
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Selama ini, Dubai sudah menjadi kota pemenang dengan segala sesuatu bertitel terbesar, tertinggi, dan termahal. Tapi sepertinya, Dubai akan segera dikalahkan oleh Arab Saudi dengan bangunan tertinggi di dunia.

Arab Saudi membangun gedung tertinggi di dunia hingga menembus awan dengan tinggi mencapai 1 kilometer (Km) dan akan mengalahkan Burj Khalifa yang selama ini memegang rekor di Guinness World Record sebagai gedung tertinggi dunia yang ada di Dubai dengan tinggi 829,8 meter.


Image source: CNN

Saudi akan membangun Jeddah Tower dengan investasi mencapai USD 1,23 miliar, dan dana ini telah disiapkan. Jeddah Economic Company dan Saudi Arabia's Alinma Investment juga telah mendatangani kesepakatan pembiayaan USD 2,2 miliar untuk membangun Jeddah City, termasuk menara di atas awan ini.

Megaproyek ini sudah mulai dibangun hingga lantai 26. Sedangkan puncak gedung yang menembus awan dengan tinggi 1 Km ditarget akan selesai pada 2020 mendatang.

"Dengan kesepakatan ini kami akan mencapai hal yang baru, yang belum pernah terdengar tertinggi dalam pengembangan real estate. Tujuannya untuk menciptakan sebuah pusat perkotaan kelas dunia yang menawarkan gaya hidup yang canggih, sehingga Jeddah mungkin memiliki landmark iconic baru yang menarik orang dari semua lapisan masyarakat dengan layanan yang komprehensif dan banyak kegunaan," kata Chief Executive Officer Jeddah Economic Company, Mounib Hammoud, seperti dikutip CNN, Rabu (2/12).


Image source: CNN

Jeddah Tower yang sebelumnya dikenal sebagai Kingdom Tower ini memiliki 200 lantai dan menghadap ke Laut Merah. Pembangunan gedung diperkirakan akan menghabiskan 800 ton baja, menurut Saudi Gazette.

Membangun gedung tinggi dekat pantai bukanlah hal yang mudah karena air asin dari pantai berpotensi merusak bangunan. Fondasi gedung yang ditanam mencapai 60 meter harus bisa menahan air asin dari laut di dekatnya.

Tak hanya itu, kencangnya angin juga menjadi masalah bagi bangunan setinggi ini. Untuk mengatasinya, bentuk menara akan berbeda tiap lantai.

"Perubahan bentuk tiap lantai akan membuat angin berputar mengitari bangunan dan tidak akan begitu kuat."

Komentar
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)