home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bersiap, Cuaca di Tahun 2016 Diprediksi Akan Lebih Panas dari Tahun 2015

Senin, 30 November 2015 19:38 by fzhchyn | 4020 hits
Bersiap, Cuaca di Tahun 2016 Diprediksi Akan Lebih Panas dari Tahun 2015
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Tahun 2015 ini, kita sudah merasakan bagaimana panasnya cuaca selama berbulan-bulan. Terbukti dari banyaknya gelombang panas yang terjadi di berbagai negara seperti India, Pakistan, Jepang, Mesir, dan negara-negara di barat telah menyebabkan ratusan korban berjatuhan. Namun jika kamu berpikir bahwa tahun depan mungkin tidak sepanas tahun ini, hal itu tidak benar.

Menurut badan pemantau cuaca PBB pada tanggal 25 November kemarin, ternyata cuaca akan lebih panas pada tahun 2016 nanti. Perubahan iklim bisa naik hingga 6 derajat C atau bahkan lebih.

"2015 adalah tahun sejarah. Kita memecahkan rekor kerusakan parah yang diakibatkan karena rumah kaca. CO2, metana, bitrous oksida, dan beberapa gas lainnya telah rusak. Ini alasan mengapa tahun 2015 menjadi tahun terpanas," ujar Michel Jarraud, Sekretaris Jenderal Organisasi Meteorologi Dunia (WMO).

Baca juga: Sampai Kapan Cuaca Panas Terik 39 Derajat Melanda Wilayah Indonesia?

Michel Jarrau juga mengatakan bahwa tahun depan akan semakin panas karena dampak dari El Nino. El Nino sendiri adalah suatu gejala penyimpangan kondisi laut yang ditandai dengan meningkatnya suhu permukaan laut di Samudera Pasifik.

Dampak El Nino ini juga akan terasa selama 4, 5, atau 6 bulan yang akan datang, sehingga mempengaruhi suhu tahun depan. El Nino ini menjadi penyebab kenaikan 16 hingga 20 persen rata-rata kenaikan suhu. Suhu yang panas ini akan berakibat cuaca semakin terik, kekeringan, dan juga banjir di seluruh dunia.

"Perkiraan awal, berdasarkan data dari Januari sampai Oktober menunjukkan suhu permukaan untuk tahun 2015 rata-rata sekitar 0.73C dari tahun 1961-1990 dengan rata-rata 14C, serta sekitar 1C atas periode pra-industri 1880-1899," Ujar WMO.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)