SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

PT KAI Segera Luncurkan ‘Rail Clinic’, Kereta Pelayanan Kesehatan

Kamis, 26 November 2015 10:12 by zia92 | 1879 hits
PT KAI Segera Luncurkan ‘Rail Clinic’, Kereta Pelayanan Kesehatan
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal meluncurkan kereta khusus untuk pelayanan kesehatan dalam waktu dekat. Kereta yang dinamakan Rail Clinic ini merupakan hasil modifikasi dari dua rangkaian Kereta Rel Diesel (KRD).

EVP Balai Yasa Yogyakarta Eko Purwanto mengatakan Rail Clinic merupakan kereta pelayanan khusus kesehatan pertama di Indonesia. "Mungkin ini di Indonesia yang pertama kali, karena ini kereta khusus, dulu pernah ada tapi kereta atau gerbong yang dirangkaikan di kereta api kepresidenan," kata Eko di Balai Yasa Yogyakarta, Rabu (25/11).

Menurut Eko, pembuatan kereta ini hanya memakan waktu kurang lebih satu bulan. Dijelaskan dia, jika Rail Clinic ini dulunya KRD yang dioperasikan di wilayah DAOP 2 Bandung.

Lantaran dianggap tidak layak untuk beroperasi kembali, maka KRD ini pun dimodifikasi. Hanya dengan dua kereta, Rail Clinic ini pun dimodif layaknya ruang pelayanan kesehatan rumah sakit.

Pada kereta pertama didesain sebagai ruang pelayanan untuk melakukan pemeriksaan umum sampai pemeriksaan gigi dan mata. Sedangkan kereta kedua, diubah menjadi kamar atau tempat istirahat bagi pasien (masyarakat yang sakit).

Baca juga: Alasan Dibalik Kegiatan 'Dadakan' Presiden Jokowi yang Naik Commuter Line Jakarta-Bekasi

"Ini sebenarnya permintaan dari teman-teman medis di KAI, makanya kita buatkan, nanti pelayanan di Rail Clinic ini juga dari teman-teman medis kami," jelasnya.

Eko mengatakan Rail Clinic ini beroperasi sesuai dengan misi yang menjadi program perusahaan. Salah satunya, Rail Clinic akan dikirimkan ke beberapa stasiun terpencil di wilayah pulau Jawa untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat. "Bahkan kita bisa layani persalinan, jadi yang ingin melahirkan di kereta, silakan, biar nanti bisa ada ceritanya," terang dia.

Diklaim Eko, jika Rail Clinic merupakan bukti PT KAI terus menciptakan inovasi baik guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Bahkan, untuk memberikan rasa nyaman kepada para pengguna kereta api, PT KAI akan terus berinovasi baik dari sisi teknologi ataupun fasilitas-fasilitas lain.

[hhw]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)