home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ledakan Penduduk Mengancam Jawa Barat Jika Tak Ada Antisipasi

Kamis, 19 November 2015 10:03 by fzhchyn | 1198 hits
Ledakan Penduduk Mengancam Jawa Barat Jika Tak Ada Antisipasi
Image source: kolatour.co

DREAMERS.ID - Pertumbuhan jumlah penduduk suatu negara memang menjadi perhatian khusus pemerintah. Ada negara yang sangat mengerem jumlah penduduk dengan menetapkan peraturan hanya boleh memiliki satu anak seperti Cina. Tapi tak sedikit juga negara yang rela membayar warganya untuk memiliki anak.

Di Indonesia, pemerintah menganjurkan rakyat untuk melakukan KB dan hanya memiliki dua anak. Meski hanya sebuah anjuran dan bukan paraturan yang sepenuhnya harus diikuti, program ini tentu sangat baik untuk menghindari ledakan penduduk beberapa tahun mendatang.

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terancam mengalami ledakan penduduk. Diperkirakan jumlah penduduk Jabar pada 2050 mencapai 90 juta. Angka tersebut jika tidak diantisipasi, maka akan berdampak pada ketersediaan pangan.

Baca juga: Bandung Raya Zona Merah, Destinasi Wisata di Jawa Barat Ini Bisa Jadi Alternatif

Kedaulatan pangan itu harus diselesaikan dulu hulunya, laju pertumbuhan penduduk Indonesia terlalu tinggi, kata Kepala Pusat Studi Dinamika Pedesaan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, Ganjar Kurnia saat berbincang dengan Merdeka Bandung, Rabu (18/11).

Dengan laju pertumbuhan penduduk Indonesia saat ini 1,5 persen, double population akan terjadi dalam waktu 45 tahun ke depan. Jadi 2060-an penduduk Indonesia akan menjadi 500 juta, kalau laju pertumbuhan penduduknya 1,5 persen, ujarnya.

Laju pertumbuhan tersebut, kata dia, konsekuensinya lahan akan semakin menyempit, sementara kualitas SDM dan teknologi belum siap. Apalagi, jika sumber daya manusianya belum siap dalam menghadapi ledakan penduduk. "Ya kita akan belepotan terus, ujarnya.

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)