SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ledakan Penduduk Mengancam Jawa Barat Jika Tak Ada Antisipasi

Kamis, 19 November 2015 10:03 by zia92 | 1107 hits
Ledakan Penduduk Mengancam Jawa Barat Jika Tak Ada Antisipasi
Image source: kolatour.co

DREAMERS.ID - Pertumbuhan jumlah penduduk suatu negara memang menjadi perhatian khusus pemerintah. Ada negara yang sangat mengerem jumlah penduduk dengan menetapkan peraturan hanya boleh memiliki satu anak seperti Cina. Tapi tak sedikit juga negara yang rela membayar warganya untuk memiliki anak.

Di Indonesia, pemerintah menganjurkan rakyat untuk melakukan KB dan hanya memiliki dua anak. Meski hanya sebuah anjuran dan bukan paraturan yang sepenuhnya harus diikuti, program ini tentu sangat baik untuk menghindari ledakan penduduk beberapa tahun mendatang.

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terancam mengalami ledakan penduduk. Diperkirakan jumlah penduduk Jabar pada 2050 mencapai 90 juta. Angka tersebut jika tidak diantisipasi, maka akan berdampak pada ketersediaan pangan.

Baca juga: Cerita Ridwan Kamil yang Ditunjukkan Mahluk Gaib di Rumah Dinas

Kedaulatan pangan itu harus diselesaikan dulu hulunya, laju pertumbuhan penduduk Indonesia terlalu tinggi, kata Kepala Pusat Studi Dinamika Pedesaan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, Ganjar Kurnia saat berbincang dengan Merdeka Bandung, Rabu (18/11).

Dengan laju pertumbuhan penduduk Indonesia saat ini 1,5 persen, double population akan terjadi dalam waktu 45 tahun ke depan. Jadi 2060-an penduduk Indonesia akan menjadi 500 juta, kalau laju pertumbuhan penduduknya 1,5 persen, ujarnya.

Laju pertumbuhan tersebut, kata dia, konsekuensinya lahan akan semakin menyempit, sementara kualitas SDM dan teknologi belum siap. Apalagi, jika sumber daya manusianya belum siap dalam menghadapi ledakan penduduk. "Ya kita akan belepotan terus, ujarnya.

  • HOT !
    Rencana kegiatan Tarawih berjamaah atau Tarawih Akbar di Monumen Nasional diminta untuk ditinjau kembali karena beberapa alasan. Yang sempat santer terdengar adalah dikhawatirkan adanya unsur politis dalam pelaksanaannya....
  • HOT !
    Ditengah teriknya matahari Minggu (20/05) ada kejadian tak terduga yang menimpa salah satu pengemudi mobil sport mewah ketika melewati jalan tol dalam kota, Slipi, Jakarta Barat. Mobil jenis Porsche berwarna kuning itu hangus terbakar....
  • HOT !
    Tibalah hari pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Sudah diantisipasi sejak lama, hari bahagia pasangan ini akan menjadi sorotan di seluruh dunia. Pesta pernikahannya sendiri akan menggabungkan dua nuansa yaitu prosesi Kerajaan Inggris dan glamor ala Hollywood....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)