home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diguyur Hujan Merata, Titik Api di Sumatera Selatan Habis

Rabu, 18 November 2015 15:06 by fzhchyn | 1130 hits
Diguyur Hujan Merata, Titik Api di Sumatera Selatan Habis
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Musim hujan yang mulai melanda berbagai daerah di Indonesia, khususnya di Sumatera Selatan membawa angin segar dan berkah tersendiri. Pasalnya kepulan kabut asap akibat pembakaran hutan dan lahan yang terjadi selama tiga bulan lebih itu perlahan menghilang, bahkan titik api sudah tidak ditemukan lagi.

Kasi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kenten Palembang Indra Purna menjelaskan, dari pantauan Satelit AQUA/TERRA MODIS pada Rabu (18/11), tidak ada titik api sama sekali. Kemungkinan besar, kondisi tersebut akan terus terjadi pada beberapa bulan ke depan atau selama musim hujan.

"Alhamdulillah, titik api sudah hilang. Ini karena hujan merata dan intensitas tinggi di seluruh wilayah Sumsel," ungkap Indra kepada merdeka.com.

Pada hari sebelumnya, Indra menuturkan bahwa titik api atau hotspot memang terpantau sekitar 20 titik di beberapa daerah. Namun, itu hanya titik panas akibat suhu udara yang terdeteksi di atas 30 derajat celsius. "Saat ini penghujung musim pancaroba dan masuki penghujan. Hotspot yang terpantau kemarin bukan titik api," ujarnya.

Baca juga: Mirisnya Pemandangan Marina Bay Sands Terkena Kabut Asap Dari Indonesia, Apa Kabar F1 Singapura?

Selain itu, kualitas udara di Palembang juga semakin membaik karena kabut asap dinyatakan hilang. Hal ini dibuktikan dengan jarak pandang lebih 10 kilometer. "Kabut asap hilang, jarak pandang normal, dan udara bagus," kata dia.

Meski bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan sudah hilang, Indra mengimbau agar warga waspada terhadap dampak yang ditimbulkan saat musim hujan, yakni tanah longsor, banjir dan angin puting beliung. Sebab, Sumsel merupakan salah satu daerah rawan terjadi bencana tersebut.

"Mayoritas daerah di Sumsel rawan bencana saat musim hujan, ini yang perlu diwaspadai," tukasnya.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)