SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tema ‘Noona-Dongsaeng’ di K-Drama Pengaruhi Pria Korea Untuk Nikahi Wanita Lebih Tua

Jumat, 13 November 2015 12:01 by ningcil | 6298 hits
Tema ‘Noona-Dongsaeng’ di K-Drama Pengaruhi Pria Korea Untuk Nikahi Wanita Lebih Tua
Image source: SBS

DREAMERS.ID - Salah satu tema yang cukup menarik dan sering diangkat di dalam drama Korea yaitu hubungan noona-dongsaeng alias hubungan antara wanita yang lebih tua dengan pria yang lebih muda ternyata hampir mirip dengan tingkah laku asli warga Korea Selatan.

Hal ini seperti yang dilaporkan oleh media Korea Selatan Chosun Ilbo, bahwa fenomena pernikahan wanita lebih tua dengan pria lebih muda sering terjadi di catatan pernikahan warga Korea.

Hubungan antara noona-dongsaeng dalam K-Drama seperti Jung Il Woo dan Lee Chung Ah dalam ‘Flower Boy Ramyun Shop’, Kim Sun Ah dan Lee Jang Woo dalam ‘I Do I Do’, Lee Bo Young dan Lee Jong Suk dalam ‘I Hear Your Voice’ dan masih banyak lainnya memang selalu jadi tema drama yang dijadikan favorit oleh pemirsa Korea.


Cerita 'noona-dongsaeng' di drama 'I Hear Your Voice' dan 'I Do I Do'
(Image source: SBS/MBC)

Sebab ada norma diantara masyarakat Korea Selatan yang masih belum sepenuhnya menerima hubungan asmara dengan jarak usia yang jauh berbeda dan selalu menjadi penghalang utama dalam keputusan untuk sebuah pernikahan.

Akan tetapi statistik menunjukkan bahwa penghalang pernikahan seperti faktor perbedaan usia mengalami penurunan. Mengutip Kantor Statistik Pemerintah Seoul, media Chosun Ilbo mengatakan bahwa pernikahan dari pasangan pria yang lebih muda dengan wanita lebih tua naik hingga 15,8 % di tahun 2014.


Kisah tentang Cha Chi Soo, murid SMA yang jatuh cinta dengan guru magang Yang Eun Bi di drama 'Flower Boy Ramyun Shop' (Image source: tvN)

Untuk pertama kalinya angka tersebut melampaui jumlah pernikahan dari pasangan denga usia sebaya. Chosun Ilbo juga melaporkan rata-rata pria menikahi wanita yang berusia 3 tahun lebih tua darinya atau lebih. Tak tanggung-tanggung, jumlah dimana sang wanita lebih tua 10 tahun dari sang pria juga meningkat dua kali lipat di tahun 2014.

Beberapa faktor yang mendukung adanya fenomena ini adalah faktor pernikahan kedua dan juga sebuah agen perjodohan yang menitikberatkan pada perbedaan usia pasangannya. Faktor lainnya adalah karena kebanyakan pria lebih memilih pasangan yang kondisi ekonominya telah stabil.

Bagaimana menurut kamu Dreamers, apakah cerita noona-dongsaeng di K-drama mempengaruhi ini semua? ^^

(ncl)

Komentar
  • HOT !
    Sidang perdana dakwaan Ketua Nonaktif DPR, Setya Novanto di perkara dugaan korupsi menarik perhatian lantaran disebut banyak kejanggalan yang dilakukannya. Pria yang tengah dinonaktifkan pula sebagai Ketua Umum Partai Golkar itu berwajah pucat dan terus menunduk selama persidangan....
  • HOT !
    Presiden Jokowi berkunjung ke Kabupaten Pacitan, Jawa Timur pada pekan lalu yang kebetulan adalah kampung halaman Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dan ternyata, warga sekitar memberi perbandingan cukup signifikan di antara keduanya....
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)