SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Peringati Hari Jomblo Setiap 11 November, Jadi Ajang Warga Cina Cari Jodoh

Rabu, 11 November 2015 23:00 by zia92 | 1431 hits
Peringati Hari Jomblo Setiap 11 November, Jadi Ajang Warga Cina Cari Jodoh
Image source: AP

DREAMERS.ID - Tak hanya para pasangan kekasih yang memiliki hari spesial seperti Valentine’s Day dan White’s Day, para lajang atau jomblo juga punya hari khusus untuk dirayakan. Khususnya di Cina, anak muda yang masih lajang di sana merayakan Guanggun Jie atau Hari Jomblo setiap tanggal 11 November.

Melansir laman Shanghai Daily, Guanggun Jie kini telah menjadi budaya populer di Cina. Pada hari jomblo itu, mereka akan merayakan kehidupan lajang mereka dengan bertemu orang baru dan mencoba peruntungan untuk mendapatkan jodoh.


Image source: nydailynews.com

Tingginya jumlah pria lajang di Negeri Tirai Bambu ini rupanya menjadi salah satu faktor mengapa Guanggun Jie menjadi begitu populer. Karena saat hari itu tiba, mereka akan berusaha menemukan pasangan dengan mengadakan pesta atau acara karaoke bersama sehingga bisa bertemu orang baru dan mencoba peruntungan.

Hari jomblo ini pada awalnya dirayakan di berbagai universitas di Nanjing pada tahun 1990-an. Setelah diusut, ternyata budaya ini memang berasal dari Universitas Nanjing pada tahun 1993. Kemudian mahasiswa yang lulus membawa budaya tersebut ke dalam masyarakat dan menyebar.


Image source: wordpress.com

Selain pesta dan karaoke, mereka juga merayakannya dengan menyantap empat Youtiao (atau cahkwe) yang merepresentasikan empat angka 1 pada simbol 11.11 (11 November) dan satu bakpao yang mewakili simbol titik yang memisahkan empat angka 1 sebagai menu sarapan.

  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)