SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Peringati Hari Jomblo Setiap 11 November, Jadi Ajang Warga Cina Cari Jodoh

Rabu, 11 November 2015 23:00 by zia92 | 1408 hits
Peringati Hari Jomblo Setiap 11 November, Jadi Ajang Warga Cina Cari Jodoh
Image source: AP

DREAMERS.ID - Tak hanya para pasangan kekasih yang memiliki hari spesial seperti Valentine’s Day dan White’s Day, para lajang atau jomblo juga punya hari khusus untuk dirayakan. Khususnya di Cina, anak muda yang masih lajang di sana merayakan Guanggun Jie atau Hari Jomblo setiap tanggal 11 November.

Melansir laman Shanghai Daily, Guanggun Jie kini telah menjadi budaya populer di Cina. Pada hari jomblo itu, mereka akan merayakan kehidupan lajang mereka dengan bertemu orang baru dan mencoba peruntungan untuk mendapatkan jodoh.


Image source: nydailynews.com

Tingginya jumlah pria lajang di Negeri Tirai Bambu ini rupanya menjadi salah satu faktor mengapa Guanggun Jie menjadi begitu populer. Karena saat hari itu tiba, mereka akan berusaha menemukan pasangan dengan mengadakan pesta atau acara karaoke bersama sehingga bisa bertemu orang baru dan mencoba peruntungan.

Hari jomblo ini pada awalnya dirayakan di berbagai universitas di Nanjing pada tahun 1990-an. Setelah diusut, ternyata budaya ini memang berasal dari Universitas Nanjing pada tahun 1993. Kemudian mahasiswa yang lulus membawa budaya tersebut ke dalam masyarakat dan menyebar.


Image source: wordpress.com

Selain pesta dan karaoke, mereka juga merayakannya dengan menyantap empat Youtiao (atau cahkwe) yang merepresentasikan empat angka 1 pada simbol 11.11 (11 November) dan satu bakpao yang mewakili simbol titik yang memisahkan empat angka 1 sebagai menu sarapan.

Komentar
  • HOT !
    Menteri Agama Lukman Hakim sempat disoraki oleh sebagian massa Aksi Bela Palestina sebelum dirinya melakukan orasi. Namun saat ditanya apa yang menyebabkan massa melakukan hal tersebut, Lukman mengaku tidak tahu dan merasa biasa saja....
  • HOT !
     Natal segera tiba sebagai hari Raya umat Kristinani yang memperingati hari lahir Yesus. Namun momen tersebut pun tidak lepas dari sosok Bunda Maria. Seperti yang dilakukan seorang seniman asal Kebumen, Jawa Tengah bernama Eddy Ruswanto....
  • HOT !
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberi klarifikasi jika salah satu program andalannya, yaitu OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) tidak pernah berjanji memberikan modal....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)