SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berusia 1000 Tahun, Pohon Terbesar di Dunia Ada di Indonesia!

Rabu, 11 November 2015 15:00 by zia92 | 48791 hits
Berusia 1000 Tahun, Pohon Terbesar di Dunia Ada di Indonesia!
Image source: wiranurmans

DREAMERS.ID - Marak kasus pembakaran hutan, membuat Indonesia banyak kehilangan pohon setiap tahunnya. Ditambah dengan logging atau penebangan pohon secara ilegal yang membuat jumlah pohon semakin berkurang.

Masuk dalam daftar 10 hutan terbesar di dunia, tak heran jika Indonesia memiliki keragaman flora dan tumbuhan yang kaya. Salah satu yang paling unik adalah hadirnya sebuah pohon ulin terbesar di dunia yang ada di Kalimantan Timur.

Pohon berdiameter 2,47 meter itu diperkirakan telah berusia lebih dari seribu tahun dan masih berdiri kokoh setinggi 20 meter.

Menurut Sarjo, penjaga hutan kawasan TNK ini mengaku pertama kali menemukan pohon ulin tersebut pada tahun 1993, ketika sedang menemani peneliti asal Jepang, Putuka Watanabe, yang melakukan penelitian spesies dalam proyek Kyoto University.

“Tingginya saat ini sekitar 20 meter, diduga akibat terkena petir. Sebelumnya diperkirakan lebih 30 meter. Kondisi pohon ini masih hidup. Saat itu (tahun 1993) masih berdiameter 2 meter 41 sentimeter dengan tinggi mencapai 20 meter. Kini, diameternya menjadi 2 meter 47 cm,” ungkapnya.


Image source: wiranurmansyah.com

Pohon ulin dikatakan hanya ada di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Namun pohon ulin yang ada di Taman Nasional Kutai (TNK) Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur ini adalah yang terbesar di dunia.

Sarjo mengaku temuan ulin terbesar dan tertua di dunia itu sudah dibenarkan Profesor Nengah Wirawan dari Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. “Pak Prof Nengah Wirawan yang juga melakukan penelitian di TNK juga membenarkan bahwa pohon itu merupakan ulin tertua di dunia,” tuturnya.

Sejak ditemukan, pohon ini mengundang para peneliti mancanegara dan turis asing datang ke Kutai Timur untuk melihat pohon tersebut. Ironisnya, wisatawan domestik sangat jarang berkunjung untuk menyaksikan pohon langka ini.

"Ada turis Jepang, Inggris, Hungaria, Jerman, Kanada sampai Amerika Serikat yang datang ke sini, melihat dari dekat pohon ulin ini. Justru sebaliknya, turis domestik dalam negeri minim kunjungan ke sini," keluh Sarjo.

(fzh/berbagai sumber)

Komentar
  • HOT !
    Berbagai peristiwa datang silih berganti. Banyak kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan yang mengisi hari hari di minggu kedua bulan Desember tahun 2017 ini. Mulai dari ranah berita lokal internasional hingga seleb Korea....
  • HOT !
    Artis Dewi Persik dipertemukan dengan anggota polisi yang disebutnya mengawal ketika berusaha menerobos jalur busway yang viral di pemberitaan dan media sosial. Namun ada perbedaan pendapat dan hal ini disebutkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra....
  • HOT !
    Komisi Komunikasi Korea Selatan pada hari Rabu mengumumkan adanya serangkaian kebijakan baru untuk mengekang membludak nya konten tak pantas di situs microblogging milik Amerika, Tumblr. Negeri Gingseng itu akan memastikan penerapannya dapat diterapkan ke perusahan Korea dan asing yang berbasis internet....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)