home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

ISIS Klaim Jatuhkan Pesawat Rusia di Mesir, Tewaskan 224 Orang

Minggu, 01 November 2015 10:00 by fzhchyn | 1238 hits
ISIS Klaim Jatuhkan Pesawat Rusia di Mesir, Tewaskan 224 Orang
Image source: EPA

DREAMERS.ID - Militan Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas insiden jatuhnya pesawat maskapai Kogalymavia asal Rusia, di Semenanjung Sinai, Mesir, kemarin. Kecelakaan itu menewaskan seluruh 224 penumpang dan kru.

Klaim ini beredar di jejaring sosial para pendukung ISIS, seperti dipantau lembaga Terror Monitor sejak 19 jam lalu. "Kecelakaan ini bukan karena masalah teknis. Kami menjatuhkan pesawat Rusia di #Sinai," tulis cuitan Twitter dalam bahasa Arab itu, seperti dilansir Daily Express, Minggu (1/11).

Para militan sekaligus menuding penumpang pesawat rute Sharm El-Sheikh menuju St Petersburg di Rusia itu mayoritas adalah "pasukan salibis."

Tim Investigasi pemerintah Rusia yang sudah berada di Negeri Piramida membantah klaim ISIS. Indikasi awal, termasuk dari kotak hitam yang sudah ditemukan, menunjukkan kesalahan sepenuhnya ada pada pihak maskapai. Pesawat jenis Airbus A-312 ini diduga tak dipersiapkan baik sebelum lepas landas. Ada kerusakan bermula dari pengisian bahan bakar pesawat.

Menteri Transportasi Rusia, Maxim Solokov mengatakan isu yang disebar jihadis, "tidak bisa dianggap akurat."

Baca juga: Begini Alasan Anak-Istri Terduga Teroris ISIS Eks WNI Tidak Bisa Ditangani LPSK

Pesawat Kogalymavia jatuh dalam posisi menjelajah menuju ketinggian di atas 31 ribu kaki, persis 23 menit setelah lepas landas. Sebelum jatuh, pilot sudah meminta bantuan pendaratan darurat. Nahas, pesawat keburu jatuh, patah menjadi dua bagian.

Jatuh dalam posisi menjelajah adalah insiden yang jarang terjadi dalam industri penerbangan internasional.

Hingga berita ini dilansir 150 jasad - kebanyakan tidak utuh lagi - sudah berhasil diidentifikasi. Ada 17 penumpang anak-anak yang tewas. Jika dibedah lagi, 214 Penumpang adalah warga negara Rusia, 2 Ukraina, sedangkan satu orang Belarusia.

[ard]

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)