home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow! Ilmuwan Amerika Serikat Berhasil Buat Jantung dari Bahan Busa

Sabtu, 31 Oktober 2015 23:00 by fzhchyn | 1847 hits
Wow! Ilmuwan Amerika Serikat Berhasil Buat Jantung dari Bahan Busa
Image source: eurekalert.

DREAMERSRADIO.COM - Terlalu sedikitnya jumlah jantung untuk didonorkan dan tingginya permintaan telah membuat ilmuwan mencoba membuat sebuah jantung buatan. Dilansir dari Popular Science, peneliti dari Cornell University telah berhasil mendesain dan membuat sebuah jantung buatan dari bahan busa.

Hasil penemuan ini merupakan jantung buatan yang paling sempurna dari yang telah coba diciptakan sebelumnya. Mampu memompa lebih banyak cairan dari buatan yang telah ada sebelumnya.

Jantung ini terbuat dari silikon yang fleksibel dan terinspirasi dari lapisan lembut pada otot robotik buatan. Bahan ini terbukti mampu menyesuaikan diri secara natural dengan tubuh dan berinteraksi dengan lapisan-lapisan tubuh lain.

Selain lebih baik dari segi bahan dan kemampuan memompa, jantung buatan ini juga memiliki cara kerja yang jauh lebih simpel dibanding penemuan terdahulu. Terdapat sebuah pompa di bagian luar yang aman bagi tubuh dan dapat memompa udara dan cairan melalui jantung buatan ini. Selain itu dibuat juga sebuah lapisan yang melindungi jantung buatan dan pompa yang mencegahnya dari kebocoran.

Walaupun sudah dianggap lebih baik dibanding penemuan sebelumnya, jantung ini masih belum siap untuk dipasang pada tubuh manusia. Jantung buatan ini hanya memiliki dua ruangan saja dari yang seharusnya empat ruangan jantung.

Selain itu juga belum dilakukan pengetesan ketahanan terhadap temperatur tubuh. Serta daya tahan alat ini untuk mampu bekerja dalam waktu lama juga belum teruji. Tetapi penemuan ini telah membawa harapan bagi berkembangnya teknologi jantung buatan yang dapat membantu mengatasi banyak masalah yang ada.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)