SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow! Ilmuwan Amerika Serikat Berhasil Buat Jantung dari Bahan Busa

Sabtu, 31 Oktober 2015 23:00 by zia92 | 1677 hits
Wow! Ilmuwan Amerika Serikat Berhasil Buat Jantung dari Bahan Busa
Image source: eurekalert.

DREAMERSRADIO.COM - Terlalu sedikitnya jumlah jantung untuk didonorkan dan tingginya permintaan telah membuat ilmuwan mencoba membuat sebuah jantung buatan. Dilansir dari Popular Science, peneliti dari Cornell University telah berhasil mendesain dan membuat sebuah jantung buatan dari bahan busa.

Hasil penemuan ini merupakan jantung buatan yang paling sempurna dari yang telah coba diciptakan sebelumnya. Mampu memompa lebih banyak cairan dari buatan yang telah ada sebelumnya.

Jantung ini terbuat dari silikon yang fleksibel dan terinspirasi dari lapisan lembut pada otot robotik buatan. Bahan ini terbukti mampu menyesuaikan diri secara natural dengan tubuh dan berinteraksi dengan lapisan-lapisan tubuh lain.

Selain lebih baik dari segi bahan dan kemampuan memompa, jantung buatan ini juga memiliki cara kerja yang jauh lebih simpel dibanding penemuan terdahulu. Terdapat sebuah pompa di bagian luar yang aman bagi tubuh dan dapat memompa udara dan cairan melalui jantung buatan ini. Selain itu dibuat juga sebuah lapisan yang melindungi jantung buatan dan pompa yang mencegahnya dari kebocoran.

Walaupun sudah dianggap lebih baik dibanding penemuan sebelumnya, jantung ini masih belum siap untuk dipasang pada tubuh manusia. Jantung buatan ini hanya memiliki dua ruangan saja dari yang seharusnya empat ruangan jantung.

Selain itu juga belum dilakukan pengetesan ketahanan terhadap temperatur tubuh. Serta daya tahan alat ini untuk mampu bekerja dalam waktu lama juga belum teruji. Tetapi penemuan ini telah membawa harapan bagi berkembangnya teknologi jantung buatan yang dapat membantu mengatasi banyak masalah yang ada.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)