SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

10 Hektare Hutan Gunung Semeru Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup

Jumat, 23 Oktober 2015 10:33 by zia92 | 1531 hits
10 Hektare Hutan Gunung Semeru Terbakar, Jalur Pendakian Ditutup
Image source: merdeka.com

DREAMERSRADIO.COM - Jalur pendakian ke Gunung Semeru, Jawa Timur terhitung mulai 22 Oktober 2015 ditutup total sampai dengan waktu yang belum ditentukan. Penutupan dilakukan karena kebakaran di jalur pendakian antara pos 2 sampai pos 3.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengungkapkan, kebakaran terjadi di Blok Watu Rejeng sejak Rabu (21/10). Luas kebakaran hingga kini lebih dari 10 hektare. "Berdasarkan laporan dari Kades Ranupane dan KSPTN 3, kebakaran hutan di Blok Watu Rejeng luasnya sekitar 10 hektare," kata Dewi Utari, Kepala TNBTS, Kamis (22/10).

Kebakaran terus mengarah ke jalur pendakian sehingga sangat mengkhawatirkan keselamatan pendaki. Selain itu juga terjadi beberapa longsong yang membahayakan. "Hari ini pendakian ditutup sementara, sedangkan pendaki yang sudah terlanjur berada di Ranu Kumbolo turun ke Ranupani dilewatkan jalur Eyek-Eyak," katanya.

Baca juga: Viral Sekelompok Orang Bermain Golf di Samping Hutan yang Terbakar Hebat

Sampai hari ini Jumat (23/10) kebakaran masih belum bisa dipadamkan dan sejumlah pendaki sedang proses evakuasi untuk meninggalkan lokasi pendakian. "Sampai dengan saat ini masih belum padam. Pendaki yang masih ada di atas sekitar 30-an orang," kata Ayu Dewi Utami, Kepala TNBTS, Jumat (23/10).

Karena kelelahan, semalam para pendaki masih istirahat di Ranu Kumbolo. Bersamaan sudah ditempatkan volunteer saver yang akan menggiring dan mengarahkan para pendaki turun melalui jalur yang aman, yakni melewati jalur Ayek-Ayek. "Hari ini diupayakan pendaki sudah clear," katanya.

Source:
  • HOT !
    Setelah pembatalan sepihak dari Amerika Serikat soal pertemuan Presiden Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi, Kim Jong Un dari Korea Utara kembali bertemu dengna Presiden Korea Selatan, Moon Jae In....
  • HOT !
    Remaja pelaku video yang mengancam akan menembak Presiden Jokowi yang berinisial RJT alias S (16) bersama ayahnya telah membuat video permintaan maaf. Namun kabar terakhir mengatakan ia tetap diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku....
  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)