SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mahasiswa UGM Rancang Alat Pemadam Khusus Atasi Kebakaran Lahan Gambut

Kamis, 22 Oktober 2015 18:00 by zia92 | 1194 hits
Mahasiswa UGM Rancang Alat Pemadam Khusus Atasi Kebakaran  Lahan Gambut
Image source: ugm.ac.id

DREAMERSRADIO.COM - Kebakaran hutan dan lahan gambut yang terjadi di wilayah Sumatera dan Kalimantan, menjadi masalah yang belum terpecahkan. Asap yang ditimbulkan bahkan menyebabkan beberapa balita meninggal dunia.

Melihat kondisi tersebut, empat mahasiswa UGM memberikan tawaran mengatasi kebakaran hutan dengan integrated water ground fire wetland system (I-wows). Mereka adalah Dirga Permata Jumas, Dian Arief Risdiyanto, Arina Desy Rachmawati dan Lita Yunitasari.

Ketua kelompok, Dirga menjelaskan gagasan mereka yaitu memanfaatkan air sungai di sekitar lahan gambut dan juga zeolit yang merupakan zat yang bisa memadamkan api dengan cepat.

"Intinya mengangkat air dari sungai dengan pompa, lalu dialirkan ke tangki nano partikel yang mengandung zeolit," terangnya, Kamis (22/10).


Image source: Merdeka

Untuk mendeteksi kebakaran di bawah lahan gambut, mereka menggunakan sensor temperatur dan kelembaban. Sensor tersebut akan memetakan kantong-kantong asap di dalam lahan gambut dan kemudian mengirimkan perintah ke alat pemadam.

Baca juga: Wah, Nantinya Mahasiswa Indonesia Boleh Bayar Kuliah Setelah Diterima Kerja?

"Kita pasang pipa di dalam lahan gambut yang nanti mengalirkan air. Begitu sensor mendeteksi, maka alat pemadam akan langsung bekerja," ungkapnya.

Gagasan membuat alat pemadam kebakaran lahan gambut ini terinspirasi dari sistem irigasi nanopartikel yang terintegrasi dengan sensor.

Sayangnya gagasan tersebut baru sebatas di atas kertas. Mereka belum memiliki kesempatan untuk membuat alat tersebut. "Ini memang baru gagasan, tapi kami berharap gagasan ini nantinya bisa dikembangkan secara riil. Berwujud alat sehingga bisa bermanfaat," terangnya.

Alat ini juga lebih terjangkau, jika dibandingkan dengan upaya bom air yang selama ini digunakan pemerintah yang sudah menghabiskan biaya ratusan miliar rupiah.

[cob]

Source:
  • HOT !
    Ditengah teriknya matahari Minggu (20/05) ada kejadian tak terduga yang menimpa salah satu pengemudi mobil sport mewah ketika melewati jalan tol dalam kota, Slipi, Jakarta Barat. Mobil jenis Porsche berwarna kuning itu hangus terbakar....
  • HOT !
    Dalam sebuah pernikahan, hadiah biasa datang berlimpah untuk membahagiakan kedua mempelai. Namun tak jarang pula pejabat maupun orang penting dunia menolak hadiah pernikahan untuk mereka....
  • HOT !
    Nama Samadikun Hartono sedang jadi tren di pemberitaan dan sosial media bahkan di kalangan milenial yang mempertanyakan sosok yang mengembalikan uang tunai puluhan miliar rupiah itu kepada negara karena kasus korupsi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)